Search This Blog

Tuesday, April 26, 2016

Research Gate

ResearchGATE ® adalah situs jejaring sosial bagi para ilmuwan dan peneliti untuk berbagi paper / bahan diskusi, tanya-jawab berbagai pertanyaan, dan menemukan rekan untuk berkolaborasi. Situs ini telah digambarkan sebagai Mashup "Facebook, Twitter dan LinkedIn" yang meliputi "laman profil, komentar, kelompok, lowongan pekerjaan, dan tombol 'like' dan 'Follow'". Para anggota didorong untuk berbagi data mentah dan hasil eksperimen yang gagal serta sukses, untuk menghindari mengulangi kesalahan penelitian ilmiah rekan mereka. Microsoft co-founder Bill Gates merupakan kalangan investor perusahaan itu. ResearchGATE ® mengumumkan pada 2013 bahwa situs tersebut memiliki dua juta anggota.


FUNGSI, MANFAAT, DAN KELEBIHAN ResearchGATE ®

Menciptakan jaringan sosial bagi para ilmuwan bukanlah ide yang revolusioner-Academia.edu, Ologeezdan Lab Meeting adalah semua startups yang telah mengembangkan berbgai komunitas bagi para peneliti dan ilmuwan untuk berbagikarya-karya merekaResearchGATE ® bergabung dengan kelompok dengan menawarkan jaringan profesional seperti LinkedIn gratis yang memungkinkan para ilmuwan untuk terhubung dengan rekan lainnyamenemukan metode barupaper / bahan diskusidan orang-orang kemudian berkolaborasi menggunakan aplikasi yang dibangun khusus untuk para peneliti.

Pada
 ResearchGATE ®para ilmuwan dapat membuat seperti profil Facebook di mana pengguna dapat membuat daftar pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan minat dan melampirkan makalah penelitianPengguna dapat menambahkan kontak profesional dengan mencari peneliti lain yang memiliki fokus yang sama.ResearchGATE ® juga memberikan pengguna pilihan untuk terlibat dalam diskusi online dengan bergabung atau membentuk kelompokResearchGATE ® juga menawarkan beberapa aplikasi yang membantu menghubungkan para ilmuwan di dunia mayaReStorymirip dengan GoogleDocsmemungkinkan pengguna untuk berkolaborasi bersama-sama dengan rekan-rekan untuk menulis dan mengedit dokumenReMeet memungkinkan pengguna mengatur jadwal pertemuan danpanggilan konferensi secara online dan ReVote memungkinkan pengguna untuk membuat survei dan jajak pendapat pada topikResearchGATE ® berencana untuk menggelar beberapa fitur baru dalam waktu dekat termasuk konferensi virtual dansebuah papan pekerjaan.

Situs ini juga menawarkan kapasitas pencari yang sangat berguna yang dapat menggali sumber daya internal dan semua database penelitian eksternal besar termasuk PubmedCiteseer dan lain-lainuntuk menemukan makalah penelitian.ResearchGATE ® juga menunjukkan paper / bahan diskusi sejenis yang ditulis tentang sebuah topik ketika pengguna meng-upload surat-surat mereka sendirimemberikan pengguna kemudahan untuk menemukan individu yang berpikiran sama serta tulisannyaDan berdasarkan profil anggota lainResearchGATE ® dapat menyarankanilmuwan lainkelompokdan sumber daya pada pengguna.

Menurut Ijad Madisch, pendiri dan CEO ResearchGate kepada VentureBeat, dengan ketertarikannya pada pemberantasan penyakit, Bill sangat sejalan dengan tujuan ResearchGate untuk membuka ilmu pengetahuan. Madisch yang bergelar M.D./Ph.D dari Harvard tersebut menciptakan ResearchGate pada tahun 2008 bersama rekannya Soren Hofmayer dan Horst Fickenscher. Gates menjadi salah satu investor untuk jejaring sosial tersebut yang masuk dalam putaran C bersama investor lainnya seperti Dragoneer Investment Group, Thrive Capital dan Benchmark and Founders Fund.

Madisch menjelaskan bahwa ResearchGate merupakan forum dimana para ilmuwan bisa mengupload semua data hasil penelitian laboratorium serta metodologi baik yang gagal maupun yang sukses sehingga diharapkan bisa menciptakan dunia baru bagi ilmu yang lebih terbuka dimana informasi bisa dengan tersedia dengan cepat. Madisch menceritakan bahwa saat melakukan risetnya, dia melihat bahwa ilmu pengetahuan pada dasarnya telah rusak. Pada ilmuwan hanya mempublikasikan hasil yang positif saja sementara banyak eksperimen bermakna, apakah telah dikonfirmasikan seperti hipotesis awalnya. Akibatnya hanya 5% saja dari apa yang dilakukan para ilmuwan yang benar-benar dipublikasikan. Lebih lanjut Madisch menyatakan bahwa hal tersebut menyebabkan banyak usaha yang sia-sia dan memberikan hasil yang menyesatkan. Selain dirinya, banyak ilmuwan di dunia yang juga membuat kesalahan yang sama seperti yang telah dialaminya sehingga ResearchGate diharapkan bisa membantu.
Saat ini ResearchGate yang memiliki 100 karyawan ini telah melayani 2.9 juta anggota yang terdiri dari ilmuwan dan pelajar bidang ilmiah dari 193 negara di dunia termasuk Amerika Serikat, India, Inggris dan Jerman sebagai negara-negara pencetak ilmuwan terbesar. Situs ini terlihat mengalami peningkatan yang eksponensial dalam jumlah data yang diupload oleh usernya dalam waktu 15 bulan terakhir ini. Dana yang terkumpul dari para investor sendiri akan digunakan untuk membangun dan memperbaiki platform penerbitan mereka, menciptakan API bagi developer luar untuk membangun aplikasi yang terintegrasi dengan ResearchGate dan memfokuskan diri pada monetisasi.
PENDIRI

IJAD MADISCH

Ijad Madisch adalah salah satu dari tiga orang pendiri sekaligus CEO dari ResearchGate, sebuah social networking yang diperuntukkan kepada ilmuwan dan peneliti untuk saling berbagi hasil penelitian, tanya-jawab tentang ilmu pengetahuan dan saling menemukan kolaborator / bekerja sama untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ijad memiliki gelar M.D dan Ph.D., diperolehnya dari belajar farmasi dan ilmu komputer di Hannover, Harvard University. Pada tahun 2005, beliau menerima penghargaan RSNA Young Investigator Prize untuk kerjanya pada Ultra High-Resolution CT Imaging of Tissue-Engineered Bone Growth, (pencitraan pertumbuhan tulang rekayasa dari tissue beresolusi tinggi).
Setelah beberapa tahun di Boston sebagai peneliti radiologi di RSU Massachusetts, Ijad pindah ke Berlin dan mendirkan ResearchGate pada tahun 2008. Perusahaan ini pun sekarang memiliki basis di berlin dan kantornya terdapat di Cambridge, Massachusetts. Ijad menyebutkan bahwa beliau berharap dapat memenangkan hadiah nobel melalui situsnya dikarenakan telah mengubah cara penyebaran ilmu pengetahuan ke arah yang tak terbayangkan.
KEAHLIAN & KEMAMPUAN:
-          Culturing
-          DNA Purification
-          Sequencing (fluoreszence labeled terminators)
-          Cloning
-          Bioinformatics Lasergene
-          DNAsis Max
-          Phylogenetic Analysis
-          Virtual Molecular Dynamics
-          Dynamite
-          Swiss Deep View
-          Pascal
-          C
-          C++
-          Adobe Photoshop
-          SPSS
-          MATLAB
-          R Statistical Package
-          PCR
-          Protein Folding
-          Statistical Software
-          Tissue Engineering
-          Bone Research
-          Infectious Diseases
-          Adenovirology
-          Medical and Biomedical Image Processing
-          Molecular Evolution
-          Genomics
-          SocMeds
-          Biomechanics
-          Radiology
-          Adenoviral Vectors
-          Structure Prediction
-          Dll.
PENGALAMAN PENELITIAN
Karakteristik Adenovirus Rekombinan Medical School of Hannover-Department of Virology- Medical School of Hannover. AG HEIM
Analisis Struktur Tulang Trabekuler Harvard University-Department of Radiology-Harvard Medical School. Volume CT Group-Gupta
Harvard Medical School, Boston-USA (2007)
Massachusetts General Hospital, Department of Surgery, Boston-USA (Jan 2006 – Des 2007)
Medizinische Hochschule Hannover, Institute of Virology, Hannover-Germany (Jan 2005 – Dec 2007)
Research Assistant Massachusetts General Hospital, Department of Radiology, Flatpanel volume CT Research Group, Boston-USA (Sep 2004 – May 2005)
PENDIDIKAN
Jan 2006—Medical School of Hannover, SPSS Introduction Course
Jan 2005—MGH, Harvard Medical School, Biostatistics Course for Clinical Investigators
Mar 2002-Oct 2008—Medical School of Hannover, Medicine
PENGHARGAAN
Jan 2005—RSNA Investigator Prize (Medical Student)- High-Resolution CT Imaging of Tissue-engineered Bone Growth: Correlation between Imaging,Bio-mechanical Strength, and Protein Transcription Analysis.
Jan 2005—Scholarship: BMEP Scholarship (Harvard Medical School) 
PENGUASAAN LAIN
Bahasa : Arab, Inggris, German
Keanggotaan Keilmuan : Lindau-Nobel
Hobby lain : Sepak bola, volly pantai, tennis, squash, catur.
 
LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI ANGGOTA DALAM ResearchGATE®?
Dalam kolom registrasi, researchgate mewajibkan calon pendaftar secara individual untuk memasukkan akun email institusional atau kelembagaan untuk dimasukkan kedalam database ResearchGate®.

ResearchGATE® pun sebenarnya diperuntukkan untuk anggota-anggota yang bersifat individu walaupun anggota tersebut berada didalam naungan sebuah institusi. Sebagai contoh, jika anda melihat laman profil Ijad Madisch di dalam ResearchGATE® yang akan anda temukan adalah profil milik individu Ijad sendiri. ResearchGATE® dibuat untuk mendukung kegiatan individu ilmuwan dan peneliti untuk lebih maju dan walaupun ada sebuah lembaga yang memiliki kepentingan dalam iptek dan mencari informasi melalui RG®, maka individu lah yang memiliki peranan dalam menyediakan informasi tersebut dengan memiliki akun RG®.


SCREENSHOTS








Link Sumber : klik here

Monday, April 11, 2016

Matematika Informatika 4

Tugas Matematika Informatika 4

Matematika Informatika 4
Soal Matematika Informatika 4 (Graph Berarah)                          


1. Himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi (edge) atau busur (arc), adalah pengertian dari?
     a. Three
     
b. Graph
     c. Relasi
     d. Rekursi

2. Lahirnya teori graf pertama kali diperkenalkan oleh?
     a. Thomas Alfa Edison
     b. Ilana Tan
     
c. Leonhard Euler
     d. Kim Dong haa

3. Jenis jenis Graph berdasarkan orientasi arah pada sisi dibagi menjadi 2 yaitu?
     
a. Graph Berarah & Tidak Berarah
     b. Graph berhingga & tak berhingga
     c. Graph sederhana & tak sederhana
     d. Graph
4. Graph yang setiap sisinya diberikan orientasi arah adalah ?
     
a. Graph Berarah                 c. Grafik
     
b. Graph Tidak Berarah       d. Semua benar
5. Graph yang sisinya tidak memiliki orientasi arah adalah?
     a. Graph Berarah                  c. Grafik
    
 b. Graph Tidak Berarah        d. Semua benar
6. Dibawah ini yang termasuk unsur-unsur dari graf?
     a. Simpul
     b. Sisi
     c. Garis parallel
     
d. Semua benar

7.  …. Suatu daratan (titik yang dihubungkan oleh jembatan)?
     a. Edge
    
 b. Vertex
     c. Garis parallel
     d. Alur

8. Berikut yang termasuk komponen graf?
     
a. Alur
     b. Edge
     c. Vertex
     d. Graph
9. Yang di maksud dari sisi/ lintasan yang ditempuh?
     a. Derajat
     
b. Panjang
     c. Alur
     d. Semua benar

10. Sejarah graph lahir karna masalah suatu jembatan apa nama jembatan tersebut?
     
a. Konigsberg
     b. Weinan Weihe
     c. Jiaozhou bay
     d. Machac swamp




Nama Kelompok 4
- Ahmad Riswanto (50414599)
- Ahmad Zulfikar (50414623)
- Esa Amalia M (53414656)
- Haryo Fajar B (54414833)
- Muhammad Sayudha P (57414545)
- Muhammad Trisna (57414572)
- Nofrian Samara (58414003
- Raden Adhyaksa (58414696)
- Rahmat Syalim (58414811)
- Syafinah Zeanah D (5A414557)




Daftar Pustaka


http://yasiendt.blogspot.co.id/2014/04/soal-matematika-informatika-4-graf.html

Monday, March 21, 2016

Apa itu web science ?

Apa itu Web Science ??
                Web atau sering kita sebut WWW (World Wide Web) dicetuskan oleh seorang yang berkebangsaan Inggris bernama Sir Tim Berners-Lee. Ia merupakan lulusan Universitas Oxford, Inggris, pada tahun 1989. Web yang dia ciptakan merupakan sebuah internet berbasis hypermedia inisiatif untuk berbagi informasi global, sementara di CERN, European Particle Physics Laboratory. Dia menulis web pertama klien dan server pada tahun 1990. Spesifikasi nya URI, HTTP dan HTML yang halus sebagai teknologi Web menyebar.
            Sir Tim Berners-Lee mengungkapkan kekhawatirannya soal dunia web. Dia cemas karena popularitas dunia maya kerap dimanfaatkan untuk menyebarkan beragam kebohongan, hoax pun juga mitos sesat.Berkenaan dengan fenomena tersebut, Sir Tim pun mengemukakan bahwa situs-situs internet harus bisa dipercaya. Ia menyarankan diterapkannya sebuah sistem pelabelan tertentu yang bisa menjamin kredibilitas website internet. Pengakses internet pun diharapkan bisa memilah informasi yang salah dan mana yang benar.




        Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.

       Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.

        Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.

       Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
Sumber : Klik Disini

Tuesday, November 17, 2015

Perkembangan Organisasi Sistem Komputer

Yahooo ketemu lagi dengan saya  , kali ini saya akan menceritakan tentang sejarah perkembangan organisasi sistem komputer . Apasih sebenarnya awal mula dari komputer yang kita kenal dan bagaimana bentuk awalnya segera simak dibawah ini

\
Organisasi Sistem Komputer : Sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi aksitektural.
Arsitektur Komputer : Sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program.
Alat pengolah data bisa digolongkan ke dalam 4 kelompok besar:
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK

1. Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak.
2. Kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3. Analytical Engine Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871), yang menciptakan mesin komputasi penyelesaian persamaan differensial yang terdiri dari sekitar 50.000 komponen. Desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartukartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
4. Tabulating Machine Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan tabulasi. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.
5. Kalkulator Differensial. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
6. Komputer Elektrik Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. . Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1941 – 1956)

1. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
2. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
3. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja di IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
4. Electronic Numerical Integrator and Komputer (ENIAC), dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
5. John von Neumann (1903-1957) mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI PERTAMA

1. Penggunaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memory.
2. Drum Magnetik sebagai media penyimpan internal utama.
3. Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas (1000 – 4000 bytes)
4. Pemrograman bahasa symbol tingkat rendah.
5. Problem panas dan pemeliharaan.
6. Aplikasi : perhitungan sains, pemrosesan payroll, penyimpanan record.
7. Waktu siklus : milidetik
8. Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik.

KOMPUTER GENERASI KEDUA (1956 – 1964)

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. IBM membuat komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC dengan menggunakan transistor. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KEDUA

1. Penggunaan transistor untuk operasi internal.
2. Magnetic core sebagai media penyimpan internal utama.
3. Mempunyai kapasitas penyimpanan lebih banyak (4K – 32K)
4. I/O lebih cepat, orientasi pita
5. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (Cobol, Fortran, Algol)
6. Penurunan panas.
7. Waktu siklus mikrodetik
8. Kecepatan pemrosesan : 1 juta instruksi per detik (mips)

KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965 – 1971)

Beberapa perkembangan dari komputer generasi ketiga dari pendahulunya :
1. Integrated Circuit (IC) mulai menggantikan sirkuit transistor.
2. Memory semikonduktor menggantikan magnetic core sebagai memory internal utama.
3. Teknik Microprogramming mulai digunakan untuk menyederhanakan rancangan prosessor dan meningkatkan fleksibilitas.
4. Diperkenalkan teknik pemrosesan parallel, termasuk pipelining, multiprogramming dan multiprocessing.
5. Menggunakan catu daya bersama.

CIRI CIRI KOMPUTER GENERASI KETIGA.

1. Menggunakan sirkuit terintegrasi.
2. Magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32K – 3 Mbyte)
3. Lebih fleksibel dengan I/0 ; berorientasi disk.
4. Ukuran lebih kecil, unjuk kerja lebih baik dan handal.
5. Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas.
6. Muncul komputer mini.
7. Pemrosesan jarak jauh dan time sharing melalui jaringan komunikasi.
8. Tersedianya perangkat lunak sistem operasi untuk mengontrol I/O.
9. Waktu siklus ; nano detik
10. kecepatan pemrosesan ; 10 mips.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1972 – 1989)

Komponen utama adalah IC. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Komputer mini dengan fasilitas image mulai dikembangkan dengan ditunjang oleh software.

KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KE EMPAT

1. Menggunaan large scale integrated circuit.
2. Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih 3 Mbyte) dan kecepatan.
3. Dukungan dari bahasa pemrograman yang lebih kompleks.
4. Perangkat I/O semakin meningkat sehingga mendukung peripheral lainnya.
5. Penggunaan minikomputer, mikroprosessor, dan mikrokomputer.
6. Aplikasi ; simulasi model matematika, komunikasi data.
7. Kecepatan pemrosesan ; 100 mips sampai 1 bips

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Pada komputer generasi kelima, perkembangan diutamakan pada pengolahan citra (image processing), multimedia dan komunikasi data. Dengan semakin pesat perkembangan networking, perkembangan terpacu pada konsep parallel computing, data clustering dan Grid Computing Paralelisme pada suatu komputer dapat diklasifikasikan pada beberapa tingkatan :

1. Tingkat Pekerjaan, ini menjadi prinsip dari multiprogramming.
2. Tingkat Prosedur, biasanya terdapat pada prosedur-prosedur bahasa pemrograman.
3. Tingkat Instruksi, fase-fase sebuah instruksi, yaitu fetch, decode, dan eksekusi suatu instruksi.
4. Tingkat Aritmatika dan bit, bit-bit dalam sirkuit aritmatika, missal adder.


Selesai sudah post kali ini terima kasih untuk teman teman saya yang sudah mebantu mencari bahan bahan materi kali ini , kita ketemu lagi nanti lebih kurangannya saya mohon maaf .
See You In Next Post

Tuesday, November 10, 2015

Teknologi Google Glass Inovasi Masa Depan



Teknologi Google Glass Inovasi Masa Depan
          Memang teknologi google glass sudah lama dikeluarkan pada bulan febuari 2013 kemarin , tetapi dengan adanya google glass membuat teknologi teknologi sekarang lebih berimprovisasi untuk  lebih mendekatkan jarak antatra dunia virtual dan dunia nyata. Bisa dilihat desain dari google glass dibawah ini.



Google mendesain kacamata nya sangat Stylish jadi selain kita memakainya untuk berkomunikasi kita juga bisa bergaya dengan menggunakan kacamata ini. Setelah ini saya akan menjelaskan apa saja yang bisa di lakukan google glass.

>Mengambil gambar dan merekam video lewat kacamata
Para pengguna mampu mengambil gambar dan juga merekam video dari kacamata dari apa yang kita lihat , kemampuan ini sangat hebat karena kita bisa memfoto atau mengambil gambar dari apa yang sedang kita lihat sekarang.

>Sebagai system navigasi
Pengguna Google Glass ini bisa mengakses GPS melalui aplikasi dan konektivitas yang akan membantu mereka arah yang tepat didepan mata mereka.

>Memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa
Di Google glass ini kita bisa mendownload aplikasi untuk bisa menerjemahkan bahasa , sehingga bisa membantu kita jika kita berpergian ke Negara lain.

>Voice activation  dan Voice recognition
Fungsi fungsi yang ada di google glass bisa kita aktifkan melalui perintah suara yang kita berikan sehingga kita tidak perlu repot menekan tombol tombol yang ada disana.

>Mengetahui jadwal keberangkatan beberapa alat transportasi secara real time
Dengan memanfaatkan pihak 3 kita bisa mengakses jadwa keberangkatan beberapa alat transportasi secara real time atau bisa dibilang waktu yang benar benar tepat waktu mulai dari delay dsb.

>Video Chat
Fitur ini bisa membuat kita bertatap muka dengan teman kita secara langsung didepan mata kita sendiri.

>Virtual Reminder
Kita bisa membuat pengingat jadwal didalam google glass , jadwal yang sudah kita buat akan muncul dilayar google glass sesuai waktu yang kita buat sehingga kita tidak akan lupa.

>Memiliki kemampuan mencari data saat berpergian
Jika kita sibuk dalam perkerjaan kita dan sedang terburu buru kita bisa mencari data yang kita inginkan dengan menggunakan perintah suara dan search engine google akan mencarinya tentunya ini akan menghemat waktu kita

Setelah membahas hal diatas saya akan menjelaskan tentang spesifikasi yang ada di google glass
Spek:
Google Glass Explorer Edition
Pengembang
Google
Jenis

Tanggal rilis

Developers (A.S.): Februari 2013[1]
Consumers: 2014[2]
Harga perkenalan
Versi Explorer: $1500 USD
Versi Consumer: "Under $1,500 USD"[3]


Android[4] (4.0.4[5])
Tenaga

Baterai Lithium Polymer (2.1 Wh)[6]


OMAP 4430 SoC, dual-core[6]

Kapasitas penyimpanan

Total 16 GB Flash[6] (12 GB memori bisa pakai)[7]
Memori

1GB RAM (682MB tersedia bagi pengembang)
Tampilan

Proyektor Prism, 640×360 piksel (setara dengan layar 25 in/64 cm/ 8 ft/2.4 m[7])
Masukan

Perintah suara melalui mikrofon,[7] akselerometer,[7] giroskop,[7] magnetometer,[7] sensor cahaya ambient, sensor proksimitas

Masukan pengontrol

Touchpad, MyGlass App

Kamera

Foto - 5 MP, video - 720p[7]

Konektivitas

Wi-Fi 802.11b/g,[7] Bluetooth,[7] USB mikro
Berat
50g


Semua ponsel dengan konektivitas Bluetooth; aplikasi pendamping MyGlass membutuhkan Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) ke atas atau iOS 7.0 ke atas [7]

Selesai sudah saya mereview tentang google glass , saya berharap google akan mengeluarkan inovasi inovasi baru yang nantinya berguna untuk masa depan. Sekian penulisan dari saya , saya mohon maaf yang sebesar besarnya jika ada salah kata see you in next post.

Sumber Penulisan:
1      https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Glass
2      http://indotopinfo.com/keunggulan-google-glass.htm
   http://yangcanggih.com/2013/03/04/semua-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-google-glass/

Monday, October 26, 2015

Tutorial Membuat Logo Gunadarma Menggunakan Corel Draw X5

Kali ini saya akan menyediakan tutorial untuk membuat logo gunadarma . Siapa sih yang gk tau Universitas Gunadarma yang menyandang nama World Class University makanya dari pada itu saya dan kelompok saya membuat tutorial menggambar logo kampus tercinta kita ini .Untuk lebih mudahnya saya dan kelompok saya sudah membuat video tutorial untuk memudahkan kalian mengikuti langkah langkahnya. Selamat menontonnn.Selain video kalian bisa melihat step demi step dibawah ini untuk memudahkan membuatnya kalian bisa mendownload file word dibawah ini.
Download Here







Tim Sukses:
1.irfanfadhil24.blogspot.co.id
2..ramadhannurfadhilah.blogspot.co.id
3.harunalrasyidabadi.blogspot.com

Sunday, June 28, 2015

Tugas Akhir IBD

Tugas Terakhir IBD
1.Kompetensi Dasar Apa Yang Ingin Dicapai Setelah Anda Belajar Ilmu Budaya Dasar ?
Setelah mempelajarinya dapat mengembangkan wawasan mahasiswa tentang budaya budaya yang ada di Indonesia. Dan membuat kita semakin menjaga kebudayaan kebudayaan yang kita miliki karena kebudayaan di Indonesia sangat lah beragam ragam mulai dari sabang sampai dengan marauke .Oleh karena itu dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar kita bisa belajar dan memahami bahwa pentingnya budaya budaya yang ada indonesia

2.Apa Pendapat Kalian Tentang Perbedaan Suku Suku Yang Ada Di Indonesia Dapat Bersatu Menjadi Suatu Kesatuan Yang Disebut Bhineka Tunggal Ika Yang  Menjadi Dasar Negara Indonesia ?
Menurut pendapat saya memang benar bahwa bangsa indonesia memilki kebudayan yang beragam ragam dan juga unik , oleh karena kearagamannya bisa membuat perbedaan antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain. Dan setelah mengamati itu Mpu Tantaular Mengeluarkan Buku sutasoma yang berisi Bhineka Tunggal Ika Yang Berarti adalah berbeda beda tetapi tetap satu yang artinya walaupun kita berbeda-beda suku , ras atau pun agam koita tetaplah bangsa indonesia.

3.Manakah Yang Benar , Kebudayaan Adalah Produk Manusia Atau Manusia Produk Kebudayaan?
jawabannya adalah kebudayaan  produk buatan manusia karena manusialah yang menciptakan peradaban , contohnya ketika sebelum manusia ada tidak ada peradaban atau kebudayaan di bumi kita ini lalu setelah manusia ada baru ditemukannya adanya peradaban.