1.
Ringkasan Eksekutif
PT.
Flashdishku adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang
elektronik untuk penyimpanan data dalam ukuran yang kecil atau biasa disebut
flashdisk dengan merek dagang Flashdisku. Flashdisk merek flashdisku dibuat
untuk menyegarkan pasar flashdisk, yang dominan berbentuk standar, membosankan,
serta mudah hilang. Flashdisk blabla dibuat dengan model yang unik dan menarik,
sehingga bisa dengan mudah menarik minat pembeli, dengan harga yang cukup
bersaing.
Flashdisk
merek flashdisku dibuat dengan mengikuti tren perkembangan zaman sehingga bisa
menghasilkan produk yang unik. Selain itu customer bisa mendesain sendiri
flashdisk yang diinginkan dan kami akan membuatkannya. Target pemasaran dari
produk kami adalah pengguna yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan
zaman, dengan berbagai jenjang umur.
Dengan
menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih, kami dapat memastikan
produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, harga yang bersaing, serta mutu yang
terjamin. Strategi pemasaran yang akan kami lakukan menggunakan 2 metode, yaitu
penjualan offline dan online. Untuk online, customer dapat memesan produk atau
mengirimkan desain ke situs kami yang beralamat di www.flashdisku.co.id.
Sedangkan untuk offline, customer dapat langsung mengunjungi toko utama kami
yang berada di Depok Town Square Lt 2 Blok SS1 No 5-6. Proses pengerjaan untuk
desain custom bisa berkisar 7-14 hari tergantung penuh atau tidaknya antrian
pembuatan di pabrik. Pabrik dan gudang kami berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 43
RT02/11 Cibinong.
Untuk
mengusung produk yang kami tawarkan, berikut visi misi serta tujuan dari
perusahaan yang kami buat untuk memenuhi kepuasan customer.
*Visi
Menjadi
flashdisk nomor 1 di Indonesia dengan bentuk yang unik dan menarik.
*Misi
-Menggunakan
mesin 3D Printer yang berteknologi canggih untuk menjamin bentuk produk yang
baik.
-Menyediakan
outlet offline dan situs online yang mumpuni guna melayani customer.
*Tujuan
Menyediakan
flashdisk yang unik dan menarik, yang memiliki desain yang mengikuti
perkembangan zaman, serta dengan build quality yang terjamin mutunya.
Berikut
susunan anggota tim manajemen PT. blabla:
Ahmad
Zulfikar sebagai Manager of Warehouse & Production
Eka
Leonard Sianipar sebagai Manager of Strategy & Accounting
Febryanto
Budiman sebagai Chief Executive Officer
Muhammad
Hasbi Asshodhiqi sebagai Manager of Costumer Relation
Muhammad
Risfahuddin sebagai Manager of Sales & Marketing
Natharia
Penta Aryani sebagai Manager of Technology & Innovation
2.
Situasi saat ini
Selain
lokasi pabrik dan gudang, serta 1 toko utama di Depok, kami berencana untuk
menambah lokasi toko cabang di masing-masing wilayah terutama Jabodetabek.
Saat
ini keberadaan flashdisk amat mempengaruhi dalam hal perkembangan teknologi.
Dapat dilihat dari permintaan konsumen dalam membeli flashdisk berbagi ukuran
penyimpanan. Faktor itu lah yang mendorong kami untuk membuat flashdisk dalam
berbagai bentuk pilihan. Pilihan bentuk tipe flashdisk ini dapat dipesan sesuai
keinginan konsumen. Kami dapat mengirimkan produk kami ini ke seluruh wilayah
Indonesia.
Dengan
pemilihan bentuk flashdisk sesuai selera pembeli kami yakin mampu bersaing
dengan para produsen flashdisk lainnya, yang biasanya hanya berbentuk polos.
Dari segi pemilahan bahan kami juga sangat memperhatikannya.
3.
Analisa Pesaing dan Isu – isu yang dihadapi Perusahaan
Usaha
flashdisk dalam berbagai bentuk ini tidak hanya berguna bagi kalangan pelajar
dan mahasiswa, tetapi orang kantoran pun dapat membelinya. Kami membuat
flashdisk berbagai bentuk agar pembeli tidak merasa bosan dengan bentuk
flashdisk yang ada saat ini.
Kami
menyalurkan barang kami kebeberapa toko, tetapi para konsumen tidak hanya bisa
membeli melalui toko saja tetapi bisa melalu online shop.
4.Tujuan Pemasaran
- Mempromosikan produk Flashdisk unik kepada masyakrakat
-Meningkatkan pendapatan pada perusahaan
-Meningkatkan target volume penjualan produk perusahaan
-Menghindari kelurgian dalam penjualan produk perusahaan
5. Strategi Pemasaran
·
Produk
Untuk
produk yang perusahaan kami tawarkan adalah flashdisk yang berbeda dengan
flashdisk pada umumnya, karena flashdisk kami mempunyai beragam bentuk seperti
kartu, gelang, pulpen, dan bentuk lainnya.
·
Harga
Untuk
harga dari produk yang kami sediakan ini bervariasi, tergantung pada kapasitas
flashdisk itu sendiri. Variasi dari bentuk flashdisk tersebut tidak memengaruhi
harga dari produk kami ini. Berikut daftar harga dari produk kami berdasarkan
besarnya kapasitas yang tersedia.
No.
|
Kapasitas
|
Harga
|
1.
|
4 GB
|
Rp 50.000,00
|
2.
|
8 GB
|
Rp 80.000,00
|
3.
|
16 GB
|
Rp 120.000,00
|
·
Promosi
Selain
promosi langsung yang dilakukan di outlet kami, kegiatan promosi ini juga kami
lakukan secara online, terutama melalui sosial media Instagram. Jika costumer
mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami, kami menyediakan
Customer Service yang akan melayani pertanyaan para customer melalui aplikasi
Whatsapp. Kami juga memiliki website dengan tampilan menarik sebagai bagian
dari promosi dan untuk mempermudah proses transaksi secara online.
Kami
memilih sosial media Instagram sebagai media promosi utama kami karena
Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh
masyarakat luas. Selain promosi melalui akun Instagram kami sendiri, kami juga
melakukan promosi melalui akun Instagram yang memiliki banyak followers,
sehingga orang lain bisa lebih mudah untuk melihat produk-produk kami ini.
Website
kami menggunakan teknologi e-commerce, sehingga transaksi dapat dilakukan secara
online yang dapat memudahkan costumer dalam bertransaksi. Dalam website kami
customer dapat memilih langsung bentuk flashdisk yang diinginkan beserta berapa
besar kapasitas yang dibutuhkan.
·
Toko
Saat
ini untuk toko offline kami memiliki satu toko yang berlokasi di lantai 2 Margo
City Mall, Jl. Raya Margonda Depok yang beroperasi pada pukul 10.00 – 20.00.
Namun untuk toko online yang tersedia seperti website dan di sosial media, kami
tetap beroperasi 24 jam.
6.Kegiatan pemasaran
-Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan pemasaran adalah melalui media social media dengan cara
menyebarkan konten berupa Video-Komik yang mempromosikan priduk dengan cara
softshell.
-Waktu kegiatan
Waktu operasional adalah dari hari snein hingga jummat, mulai dari pukul 09:00
-23:00 . wakti pemasaran penyebaran konten dilakukan pada waktu prime time.
Yaitu video pada pukul 12:00 dan komik pada 20:00.
-Pelaksana kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Konten maker dari tim kami.
7.Rencana Anggran
Untuk anggaran biaya
untuk memajukan perusahaan yang kami buat. Kami sudah berdiskusi tentang
pemakaian dana-dana yang dipakai secara efektif dan efisien. Untuk rinciannya
bisa di lihat dibawah ini:
NO.
|
Alokasi
Dana
|
Biaya
(Rp.)
|
1
|
Endorsement
Media Sosial
|
Rp.5.000.000
|
2
|
Pembuatan
Website
|
Rp.2.000.000
|
3
|
Iklan
di website-website
|
Rp.3.000.000
|
4
|
Pembuatan
Toko Fisik
|
Rp.9.000.000
|
5.
|
Modal
pembuatan barang
|
Rp.10.000.000
|
|
Total
Biaya
|
Rp.29.000.000
|
8.Target Numerik
Untuk target pertama
perusahaan kami , kami menargetkan laba bersih sekitar 50% dari modal pembuatan
barangnya. Karena kami yakin dengan produk kami yang banyak diminati oleh
konsumen dan juga dengan memanfaatkan teknologi di bidang teknik informatika
kami membuat website yang bisa membuat konsumen membeli produk kami dimana saja
melalui online. Selain itu target utama kami adalah membuat perusahaan ini
berjalan dengan lancar dan memiliki keuntungan yang besar dan juga stabil.
9.Kriteria Pengukuran
Aspek yang menjadikan
pengukuran untuk mengetahui apakah dari strategi pemasaran yang kita lakukan
berjalan dengan baik apa tidak.adalah denga mengukur traffic dari pengunjung
website.kita bisa melihatnya dengan membaca pola berapa lama dia berada di
dalam website.
Tolak ukur yang di ambil adalah
1.lebih dari 5menit > mencari ketertarikan
2.10menit > mencari kepercayaan
3.20menit > kepercayaan konsumen terhadap produk
Aspek selanjutnya diukur berdasarkan statistik
follower viewers dari account instagram.
Anggota Kelompok:
1.Ahmad Zulfikar
2.Eka Leonard (http://eka-leonards.blogspot.co.id/)
3.Febrianton
Budiman (http://febryanto-budiman.blogspot.co.id)
4.Muhammad Hasbih Assodhiqi (dkakap.blogspot.com)
5.Muhammad Risfahudin (http://weblog57414503.blogspot.co.id/)
6.Natharia Penta (http://nathariapenta.blogspot.co.id/)