Search This Blog
Saturday, March 31, 2018
Tugas Softskill 2
Saturday, March 10, 2018
Teori Komputasi
Teori Komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakan suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini terutama membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi. Terdapat beberapa tokoh yang memberikan pendapatnya mengenai teori komputasi, antara lain John S. Conery
- Area Ilmu Komputer
- Ilmu Komputer Teoritikal
- Teori Komputasi
- Teori Informasi dan coding
- Algoritma dan data struktur
- Teori bahasa pemrograman
- Metode formal
- Artificial intelligence
- Arsitektur Komputer dan Engineering
- Computer Performance Analysis
- Computer graphics and visual
- Computational science
- Computer networks
- Concurrent, parallel and distributed systems
- Databases
- Health informatics
- Information science
- Software engineering
- Computer security and cryptography
- Teori otomata
- Teori komputabilitas
- Teori kompleksitas
- Finite State Automata (FSA) / Finite State Machine (FSM)
- Push Down Automata (PDA)
- Mesing Turing (Turing Mesin) atau TM
- Computer Science (CS), fokus pada kajian aspek teoritis dan algoritmis bidang computing hingga aplikasinya.
- Software Engineering (SE), fokus pada pengembangan (analisis, desain, implementasi, testing), pengopraian, dan pemeliharan perangkat lunak secara sistematis dan terukur.
- Information System (IS), fokus pada pengintegrasian solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk mempertemukan kebutuhan informasi bisnis suatu enterprise.
- Computer Engineering (CE), fokus pada desain konstruksi komputer atau sistem berbasis komputer.
- Information Technology (IT), fokus pada penggunaan teknologi komuter untuk mempertemukan kebutuhan bisnis, pemerintah, pendidikan, kesehatan, dan organisasi lainnya.
- Dalam bidang Fisika
- Dalam bidang Kimia
- Kajian komputasi dapat dilakukan untuk menemukan titik awal untuk sintesis dalam laboraturium.
- kajian komputasi dapat digunakan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboraturium.
- Kajian komputasi dapat digunakan untuk memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam system.
- Dalam Bidang Matematika
- Dalam Bidang Ekonomi
- Dalam Bidang Geografi
- Dalam Bidang Geologi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi
- http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/TeoriKomputasi/2014-2015/IF5110%20-%20Pengantar%20Teori%20Komputasi.pdf
- https://ubiquity.acm.org/article.cfm?id=1889839
- https://dhozkiii24.wordpress.com/2015/03/31/implementasi-komputasi/
- https://hambalisb.wordpress.com/2016/05/07/penerapan-komputasi-modern-pada-bidang-geologi/
Friday, December 1, 2017
Rencana Bisnis
1. Ringkasan Eksekutif
PT. Flashdishku adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang elektronik untuk penyimpanan data dalam ukuran yang kecil atau biasa disebut flashdisk dengan merek dagang Flashdisku. Flashdisk merek flashdisku dibuat untuk menyegarkan pasar flashdisk, yang dominan berbentuk standar, membosankan, serta mudah hilang. Flashdisk blabla dibuat dengan model yang unik dan menarik, sehingga bisa dengan mudah menarik minat pembeli, dengan harga yang cukup bersaing.
Flashdisk merek flashdisku dibuat dengan mengikuti tren perkembangan zaman sehingga bisa menghasilkan produk yang unik. Selain itu customer bisa mendesain sendiri flashdisk yang diinginkan dan kami akan membuatkannya. Target pemasaran dari produk kami adalah pengguna yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan berbagai jenjang umur.
Dengan menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih, kami dapat memastikan produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, harga yang bersaing, serta mutu yang terjamin. Strategi pemasaran yang akan kami lakukan menggunakan 2 metode, yaitu penjualan offline dan online. Untuk online, customer dapat memesan produk atau mengirimkan desain ke situs kami yang beralamat di www.flashdisku.co.id. Sedangkan untuk offline, customer dapat langsung mengunjungi toko utama kami yang berada di Depok Town Square Lt 2 Blok SS1 No 5-6. Proses pengerjaan untuk desain custom bisa berkisar 7-14 hari tergantung penuh atau tidaknya antrian pembuatan di pabrik. Pabrik dan gudang kami berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 43 RT02/11 Cibinong.
Untuk mengusung produk yang kami tawarkan, berikut visi misi serta tujuan dari perusahaan yang kami buat untuk memenuhi kepuasan customer.
*Visi
Menjadi flashdisk nomor 1 di Indonesia dengan bentuk yang unik dan menarik.
*Misi
-Menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih untuk menjamin bentuk produk yang baik.
-Menyediakan outlet offline dan situs online yang mumpuni guna melayani customer.
*Tujuan
Menyediakan flashdisk yang unik dan menarik, yang memiliki desain yang mengikuti perkembangan zaman, serta dengan build quality yang terjamin mutunya.
Berikut susunan anggota tim manajemen PT. blabla:
Ahmad Zulfikar sebagai Manager of Warehouse & Production
Eka Leonard Sianipar sebagai Manager of Strategy & Accounting
Febryanto Budiman sebagai Chief Executive Officer
Muhammad Hasbi Asshodhiqi sebagai Manager of Costumer Relation
Muhammad Risfahuddin sebagai Manager of Sales & Marketing
Natharia Penta Aryani sebagai Manager of Technology & Innovation
2. Situasi saat ini
Selain lokasi pabrik dan gudang, serta 1 toko utama di Depok, kami berencana untuk menambah lokasi toko cabang di masing-masing wilayah terutama Jabodetabek.
Saat ini keberadaan flashdisk amat mempengaruhi dalam hal perkembangan teknologi. Dapat dilihat dari permintaan konsumen dalam membeli flashdisk berbagi ukuran penyimpanan. Faktor itu lah yang mendorong kami untuk membuat flashdisk dalam berbagai bentuk pilihan. Pilihan bentuk tipe flashdisk ini dapat dipesan sesuai keinginan konsumen. Kami dapat mengirimkan produk kami ini ke seluruh wilayah Indonesia.
Dengan pemilihan bentuk flashdisk sesuai selera pembeli kami yakin mampu bersaing dengan para produsen flashdisk lainnya, yang biasanya hanya berbentuk polos. Dari segi pemilahan bahan kami juga sangat memperhatikannya.
3. Analisa Pesaing dan Isu – isu yang dihadapi Perusahaan
Usaha flashdisk dalam berbagai bentuk ini tidak hanya berguna bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi orang kantoran pun dapat membelinya. Kami membuat flashdisk berbagai bentuk agar pembeli tidak merasa bosan dengan bentuk flashdisk yang ada saat ini.
Kami menyalurkan barang kami kebeberapa toko, tetapi para konsumen tidak hanya bisa membeli melalui toko saja tetapi bisa melalu online shop.
4.Tujuan Pemasaran
- Mempromosikan produk Flashdisk unik kepada masyakrakat
-Meningkatkan pendapatan pada perusahaan
-Meningkatkan target volume penjualan produk perusahaan
-Menghindari kelurgian dalam penjualan produk perusahaan
5. Strategi Pemasaran
· Produk
Untuk produk yang perusahaan kami tawarkan adalah flashdisk yang berbeda dengan flashdisk pada umumnya, karena flashdisk kami mempunyai beragam bentuk seperti kartu, gelang, pulpen, dan bentuk lainnya.
· Harga
Untuk harga dari produk yang kami sediakan ini bervariasi, tergantung pada kapasitas flashdisk itu sendiri. Variasi dari bentuk flashdisk tersebut tidak memengaruhi harga dari produk kami ini. Berikut daftar harga dari produk kami berdasarkan besarnya kapasitas yang tersedia.
No. |
Kapasitas |
Harga |
1. |
4 GB |
Rp 50.000,00 |
2. |
8 GB |
Rp 80.000,00 |
3. |
16 GB |
Rp 120.000,00 |
· Promosi
Selain promosi langsung yang dilakukan di outlet kami, kegiatan promosi ini juga kami lakukan secara online, terutama melalui sosial media Instagram. Jika costumer mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami, kami menyediakan Customer Service yang akan melayani pertanyaan para customer melalui aplikasi Whatsapp. Kami juga memiliki website dengan tampilan menarik sebagai bagian dari promosi dan untuk mempermudah proses transaksi secara online.
Kami memilih sosial media Instagram sebagai media promosi utama kami karena Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Selain promosi melalui akun Instagram kami sendiri, kami juga melakukan promosi melalui akun Instagram yang memiliki banyak followers, sehingga orang lain bisa lebih mudah untuk melihat produk-produk kami ini.
Website kami menggunakan teknologi e-commerce, sehingga transaksi dapat dilakukan secara online yang dapat memudahkan costumer dalam bertransaksi. Dalam website kami customer dapat memilih langsung bentuk flashdisk yang diinginkan beserta berapa besar kapasitas yang dibutuhkan.
· Toko
Saat ini untuk toko offline kami memiliki satu toko yang berlokasi di lantai 2 Margo City Mall, Jl. Raya Margonda Depok yang beroperasi pada pukul 10.00 – 20.00. Namun untuk toko online yang tersedia seperti website dan di sosial media, kami tetap beroperasi 24 jam.
6.Kegiatan pemasaran
-Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan pemasaran adalah melalui media social media dengan cara
menyebarkan konten berupa Video-Komik yang mempromosikan priduk dengan cara
softshell.
-Waktu kegiatan
Waktu operasional adalah dari hari snein hingga jummat, mulai dari pukul 09:00
-23:00 . wakti pemasaran penyebaran konten dilakukan pada waktu prime time.
Yaitu video pada pukul 12:00 dan komik pada 20:00.
-Pelaksana kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Konten maker dari tim kami.
7.Rencana Anggran
Untuk anggaran biaya untuk memajukan perusahaan yang kami buat. Kami sudah berdiskusi tentang pemakaian dana-dana yang dipakai secara efektif dan efisien. Untuk rinciannya bisa di lihat dibawah ini:
NO. |
Alokasi Dana |
Biaya (Rp.) |
1 |
Endorsement Media Sosial |
Rp.5.000.000 |
2 |
Pembuatan Website |
Rp.2.000.000 |
3 |
Iklan di website-website |
Rp.3.000.000 |
4 |
Pembuatan Toko Fisik |
Rp.9.000.000 |
5. |
Modal pembuatan barang |
Rp.10.000.000 |
|
Total Biaya |
Rp.29.000.000 |
8.Target Numerik
Untuk target pertama perusahaan kami , kami menargetkan laba bersih sekitar 50% dari modal pembuatan barangnya. Karena kami yakin dengan produk kami yang banyak diminati oleh konsumen dan juga dengan memanfaatkan teknologi di bidang teknik informatika kami membuat website yang bisa membuat konsumen membeli produk kami dimana saja melalui online. Selain itu target utama kami adalah membuat perusahaan ini berjalan dengan lancar dan memiliki keuntungan yang besar dan juga stabil.
9.Kriteria Pengukuran
Aspek yang menjadikan pengukuran untuk mengetahui apakah dari strategi pemasaran yang kita lakukan berjalan dengan baik apa tidak.adalah denga mengukur traffic dari pengunjung website.kita bisa melihatnya dengan membaca pola berapa lama dia berada di dalam website.
Tolak ukur yang di ambil adalah
1.lebih dari 5menit > mencari ketertarikan
2.10menit > mencari kepercayaan
3.20menit > kepercayaan konsumen terhadap produk
Aspek selanjutnya diukur berdasarkan statistik follower viewers dari account instagram.
Anggota Kelompok:
1.Ahmad Zulfikar
2.Eka Leonard (http://eka-leonards.blogspot.co.id/)
3.Febrianton
Budiman (http://febryanto-budiman.blogspot.co.id)
4.Muhammad Hasbih Assodhiqi (dkakap.blogspot.com)
5.Muhammad Risfahudin (http://weblog57414503.blogspot.co.id/)
6.Natharia Penta (http://nathariapenta.blogspot.co.id/)
Wednesday, October 25, 2017
Analisa Pasar dan Pesaing
Analisa
Pasar Dan Pesaing
1.Analisa
Pasar
Analisa
pasar adalah suatu analisa untuk
melihat apa
saja masalah yang ada didalam pasar.
Mulai dari lokasi pasar , harga dalam
pasar , karakteristik pasar dan juga daya
tarik pembeli yang ada didalam pasar
tersebut. Hal ini
sangat penting bagi para wirausahawan/wati yang ingin membuat sebuah perusahaan mereka sendiri. Karena dengan menganalisa
pasar ini kita bisa memperbesar
peluang kita dan kita lebih
mempersiapkan dengan matang untuk masalah
kedepannya jadi kita tidak perlu
kaget lagi melihat keadaan pasarnya ketika kita baru memulai
usaha. Perekrutan karyawan juga merupakah hal yang ada didalam analisa
pasar karena jika kita memilih
orang yang sesuai dengan kemampuannya juga menambahkan nilai plus didalam perusahaan yang kita buat. Untuk menganalisa isu isu internal dan juga eksternal
metode SWOT (Strength , Weakness ,
Opportunities , Threats) sangat cocok
untuk dipakai.
Internal :
·
Strength (Kekuatan) : Orang yang akan memulai bisnis
harus mengatahui seberapa besar kemampuan yang ada diperusahannya seperti fasilitas yang dimiliki dan sumber daya
manusia untuk menghadapi pasar supaya tidak salah
langkah ketika menginjakkan kakinya kedalam persaingan pasar.
·
Weakness (Kelemahan)
: Orang yang akan memulai bisnis juga harus
mengetahui kelemahan-kelemahan
yang ada didalam perusahaan dan juga kita sebisa
mungkin untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan
yang ada
Eksternal.
·
Opportunities (Peluang) : Kita juga harus
bisa pintar-pintar melihat peluang untuk memperbesar potensi yang ada didalam perusahaan.
·
Threats (Ancaman) : Selain melihat
peluang , melihat ancaman-ancaman juga merupakan factor penting untuk keberhasilan bisnis kita dipasar
untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan nantinya.
2.Analisa
Pesaing
Selain
menganalisa pasar para pelaku bisinis
juga harus bisa menganalisa para pesaingnya sehingga nanti dalam persaingan bisnis kita lebih
siap menghadapinya.
Pesaing adalah perusahaan yang mengeluarkan barang dan jasa yang mirip
dengan barang dan jasa yang kita
pasarkan. Karena itu
menganalisa pesaing merupakan hal yang sangat penting sehingga kita nantinya
kita bisa mengungguli pesaing kita didalam persaingan
pasar. Contoh dari persaingan
adalah BukaLapak dan Tokopedia mereka
sama-sama menawarkan jasa E-Commerce untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi pembelian barang secara online. Ada beberapa
hal penting yang harus kita ketahui
dari para pesaing kita yaitu:
a.Barang
dan Jasa yang mereka tawarkan.
b.Melihat
berapa besar pasar yang mereka kuasai.
c.Menganalisa
peluang dan ancaman yang di timbulkan pesaing.
d.Menganalisa
keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing kita.
Hal-hal
kecil ini bisa memperbesar peluang bisnis kita didalam pasar
dan juga menguntungkan posisi kita karena kita
sudah lebih siap menghadapi para pesaing bisnis
dimasa yang akan
datang.
Dilihat
dari produk yang ditawarkan ,
pesaing bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
1.Pesaing
Jauh : Pesaing yang mengeluarkan produk yang mirip dengan kita.
2.Pesaing
Dekat : Pesaing yang mengeluarkan produk yang sama dengan kita.
Selain
itu bentuk persaingan dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :
1.Persaingan
Merek : Persaingan yang dilakukan jika memiliki merek yang sama.
2.Persaingan
Industri : Persaingan yang dilakukan didalam satu industry yang sama.
3.Persaingan
Bentuk : Persaingan yang dilakukan jika memiliki bentuk produk yang sama.
4.Persaingan
Generik : Persaingan umum yang mencakup semua
Sekian
pembahasan kali ini factor-faktor diatas sangat
penting jika kita ingin memulai
suatu usaha.untuk meningkatkan keberhasilan bisnis kita nantinya
dalam menghadapi persaingan bisnis di pasar nantinya.
Sumber
:
- http://www.academia.edu/24292909/ANALISIS_PASAR_DAN_STRATEGI_PEMASARAN
- http://indraputrabintan.blogspot.co.id/2013/03/analisis-situasi-pasar-dan-analisis.html#.WfCptVuCzIU
- http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/9296-analisa-situasi-pasar-persaingan.html
- https://imamurza.wordpress.com/2015/11/03/analisa-situasi-pasar-dan-pesaing/
Anggota
Kelompok :
1.Ahmad
Zulfikar (update-asik.blogspot.com)
2.Muhammad
Hasbih A. (dkakap.blogspot.com)
3.Eka
Leonard (leonards.blogspot.com)