Search This Blog

Sunday, April 22, 2018

Tugas Softskill 3

Quantum Computation
ð  Alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit; dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

Entanglement
ð  Fenomena fisik yang terjadi ketika pasangan atau kelompok partikel dihasilkan atau berinteraksi dengan cara sedemikian rupa sehingga status kuantum setiap partikel tidak dapat dijelaskan secara independen dari keadaan yang lain, bahkan ketika partikel dipisahkan oleh jarak besar sebagai gantinya. Keadaan kuantum harus dijelaskan untuk sistem secara keseluruhan.

Pengoprasian Data Qubit
ð  Sebuah qubit adalah unit dasar informasi dalam sebuah komputer kuantum. Sementara sedikit dapat mewakili hanya satu dari dua kemungkinan seperti 0 / 1, ya / tidak, qubit dapat mewakili lebih: 0 / 1, 1 dan 0, probabilitas terjadinya setiap saat dikombinasikan dengan qubit lebih, dan semua yang secara bersamaan. Secara umum komputer kuantum dengan qubit n bisa dalam superposisi sewenang-wenang hingga 2 n negara bagian yang berbeda secara bersamaan (ini dibandingkan dengan komputer normal yang hanya dapat di salah satu negara n 2 pada satu waktu).

Untuk memanipulasi sebuah qubit, maka menggunakan Quantum Gates (Gerbang Kuantum). Cara kerjanya yaitu sebuah gerbang kuantum bekerja mirip dengan gerbang logika klasik. Gerbang logika klasik mengambil bit sebagai input, mengevaluasi dan memproses input dan menghasilkan bit baru sebagai output.

Quantum Gates
ð  Quantum Gates / Gerbang Quantum merupakan sebuah aturan logika / gerbang logika yang berlaku pada quantum computing. Prinsip kerja dari quantum gates hampir sama dengan gerbang logika pada komputer digital. Jika pada komputer digital terdapat beberapa operasi logika seperti AND, OR, NOT, pada quantum computing gerbang quantum terdiri dari beberapa bilangan qubits, sehingga quantum gates lebih susah untuk dihitung daripada gerang logika pada komputer digital.

Alogaritma Shor
ð  Algoritma yang ditemukan oleh Peter Shor pada tahun 1995. Dengan menggunakan algoritma ini, sebuah komputer kuantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode yang disebut kode RSA ini, jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga kerja pemecahan ini tidaklah efektif.

Algoritma Shor bergantung pada hasil dari teori bilangan. Hasil ini adalah: fungsi periodik. Dalam konteks algoritma Shor, n akan menjadi bilangan yang akan difaktorkan. Jika dua bilangan tersebut adalah coprime itu berarti bahwa pembagi umumnya adalah 1. Perhitungan fungsi ini untuk jumlah eksponensial, dari itu akan mengambil waktu eksponensial pada komputer klasik. Algoritma Shor memanfaatkan paralelisme kuantum untuk melakukan jumlah eksponensial operasi dalam satu langkah.


Sumber:

Saturday, March 31, 2018

Tugas Softskill 2

Cloud Computing
Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Contoh Cloud Computing
Lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.


Grid Computing
Komputasi grid adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.
Menurut tulisan singkat oleh Ian Foster ada check-list yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bahwa suatu sistem melakukan komputasi grid yaitu :
-          Sistem tersebut melakukan koordinasi terhadap sumberdaya komputasi yang tidak berada dibawah suatu kendali terpusat. Seandainya sumber daya yang digunakan berada dalam satu cakupan domain administratif, maka komputasi tersebut belum dapat dikatakan komputasi grid.
-          Sistem tersebut menggunakan standard dan protokol yang bersifat terbuka (tidak terpaut pada suatu implementasi atau produk tertentu). Komputasi grid disusun dari kesepakatan-kesepakatan terhadap masalah yang fundamental, dibutuhkan untuk mewujudkan komputasi bersama dalam skala besar. Kesepakatan dan standar yang dibutuhkan adalah dalam bidang autentikasi, otorisasi, pencarian sumberdaya, dan akses terhadap sumber daya.
-          Sistem tersebut berusaha untuk mencapai kualitas layanan yang canggih, (nontrivial quality of service) yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut.

Contoh grid computing
-          Medical Images: Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah eDiaMoND project.
-     Computer-Aided Drug Discovery (CADD): Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC).
-          Big Science: Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsori oleh pemerintah. Contohnya terdapat di DEISA
-          e-Learning: Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid


Virtualisasi
Virtualisasi adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal."
Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek computer dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada "menyembunyikan detail teknis" melalui enkapsulasi.

Contoh virtualisasi
Microsoft Hyper-V atau yang sebelumnya bernama Windows Server Virtualization merupakan virtualisasi yang bersifat hypervisor-based untuk sistem x64. Versi beta dari Hyper-V dipasarkan dengan edisi Windows Server 2008, dan versi finalnya dirilis tanggal 26 Juni 2008. Microsoft menyatakan bahwa produk ini merupakan suatu usaha dari Microsoft untuk menyediakan sebuah sistem operasi terbaik yang mendukung teknologi virtualisasi.


Distributed Computation dalam Cloud Computing
Kegiatan ini merupakan kumpulan beberapa computer yang terhubung untuk melakukan pendistribusian, seperti mengirim dan menerima data serta melakukan interaksi lain antar computer yang dimana membutuhkan sebuah jaringan agar computer satu dan lainnya bisa saling berhubung dan melakukan interaksi. Hal ini semua dilakukan dengan cloud computing yang seperti kita ketahui memberikan layanan dimana informasinya disimpan di server secara permanen dan disimpan di computer client secara temporary.

Komputasi Terdistribusi merupakan salah satu tujuan dari Cloud Computing, karena menawarkan pengaksesan sumber daya secara parallel, para pengguna juga bisa memanfaatkannya secara bersamaan (tidak harus menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan), terdiri dari banyak sistem sehingga jika salah satu sistem crash, sistem lain tidak akan terpengaruh, dapat menghemat biaya operasional karena tidak membutuhkan sumber daya (resourches).
Distribusi komputasi ini memiliki definisi mempelajari penggunaan terkoordinasi dari computer secara fisik terpisah atau terdistribusi. Pada distributed computing ini, program dipisah menjadi beberapa bagian yang dijalankan secara bersamaan pada banyak computer yang terhubung melalui jaringan internet.

Contoh distributed computation dalam cloud computing
E mail service, facebook, google


MapReduce dan NoSql

MapReduce
Setiap istilah perlu definisi, dan harus ada kesepakatan akan definisi tersebut biar tidak terjadi salah pengertian ataupun salah paham diantara para pengguna istilah tersebut. MapReduce pun punya definisi. MapReduce adalah model pemrograman rilisan Google yang ditujukan untuk memproses data berukuran raksasa secara terdistribusi dan paralel dalam cluster yang terdiri atas ribuan komputer. Dalam memproses data, secara garis besar MapReduce dapat dibagi dalam dua proses yaitu proses Map dan proses Reduce. Kedua jenis proses ini didistribusikan atau dibagi-bagikan ke setiap komputer dalam suatu cluster (kelompok komputer yang salih terhubung) dan berjalan secara paralel tanpa saling bergantung satu dengan yang lainnya. Proses Map bertugas untuk mengumpulkan informasi dari potongan-potongan data yang terdistribusi dalam tiap komputer dalam cluster. Hasilnya diserahkan kepada proses Reduce untuk diproses lebih lanjut. Hasil proses Reduce merupakan hasil akhir yang dikirim ke pengguna.

Contoh mapreduce
Contoh kasus map reduce adalah misalnya jika kita ingin menghitung jumlah penggunaan huruf dalam sebuah buku. Misal kita punya satu file teks besar yang berisi seluruh kalimat yang menyusun sebuah buku. Maka yang dilakukan oleh Map Reduce program yang menghitung penggunaan kata dalam buku tersebut kurang lebih sebagai berikut:
Proses Map:
-          Membaca tiap baris kalimat di dalam file teks tersebut.
-          Membaca tiap kata yang ada dalam beris tersebut dan membuat sebuah map untuk kata tersebut. Key dari map itu adalah kata tersebut sedangkan value dari map itu adalah 1.
-          Sampai disini hasil yang kita dapatkan dari dua langkah diatas adalah daftar map untuk semua kata dari file teks tersebut dengan value 1. Karena kita tidak menyatukan perhitungan kata-kata yang sama dalam satu map, maka tersapat map dengan key yang sama. Misal ada map kata ‘Dan’ => 1 berulang kali.
Proses Reduce:
-          Melakukan sorting atau pengelompokan map dengan kata-kata yang sama.
-          Menjumlahkan untuk mencari total dari kata-kata yang sama tersebut.
-          Sampai disini maka hasilnya adalah map dengan key yang unik setiap kata berikut dengan jumlah penggunaannya di buku tersebut.

NoSql
NoSQL adalah istilah yang dikenal dalam teknologi komputasi untuk merujuk kepada kelas yang luas dari sistem manajemen basis data yang di identifikasikan dengan tidak mematuhi aturan pada model sistem manajemen basis data relasional yang banyak digunakan.
NoSQL tidak dibangun terutama dengan table dan umumnya tidak menggunakan SQL untuk memanipulasi data, sehingga sering ditafsirkan sebagai “tidak hanya SQL”.

Contoh NoSql
Neo4J dan FlockDB


No Sql Database
Database NoSQL adalah database yang tidak menggunakan realasi antar tabel dan tidak menyimpan data dalam format tabel kaku (kolom yang fix) seperti layaknya Relasional Database. Document Database contohnya MongoDB, seiap satu object data disimpan dalam satu dokumen.

Contoh No Sql Database

Neo4J dan FlockDB


Source:

Saturday, March 10, 2018

Teori Komputasi

Teori Komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakan suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini terutama membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi. Terdapat beberapa tokoh yang memberikan pendapatnya mengenai teori komputasi, antara lain John S. Conery 

A computation is a sequence of simple, well-defined steps that lead to the solution of a problem. The problem itself must be defined exactly and unambiguously, and each step in the computation that solves the problem must be described in very specific terms. (John S. Conery, 2010)

Atau jika diartikan maka dapat disimpulkan bahwa, komputasi adalah sebuah urutan langkah sederhana, terdefinisi dengan baik yang mengarah pada pemecahan masalah. Masalahnya sendiri harus didefinisikan secara tepat dan tidak ambigu, dan setiap langkah dalam perhitungan yang memecahkan masalah harus dijelaskan dengan persyaratan yang sangat spesifik.

  • Area Ilmu Komputer
  1. Ilmu Komputer Teoritikal
  • Teori Komputasi
  • Teori Informasi dan coding
  • Algoritma dan data struktur
  • Teori bahasa pemrograman
  • Metode formal

      2. Ilmu Komputer Terapan 
  • Artificial intelligence
  • Arsitektur Komputer dan Engineering
  • Computer Performance Analysis 
  • Computer graphics and visual
  • Computational science 
  • Computer networks 
  • Concurrent, parallel and distributed systems 
  • Databases
  • Health informatics
  • Information science 
  • Software engineering 
  • Computer security and cryptography

Teori komputasi berkaitan dengan studi bagaimana persoalan dapat diseleaikan pada sebuah model dengan menggunakan algoritma. Model tersebut dinamakan model komputasi. Teori komputasi dibagi menjadi 3 ranting : 
  1. Teori otomata
  2. Teori komputabilitas 
  3. Teori kompleksitas
Teori otomata mengacu pada definisi dan sifat-sifat model komputasi. Sedangkan Teori komputabilitas bertujuan untuk memeriksa apakah persoalan komutasi dapat dipecahkan pada suatu model komputasi teoritis, dengan kata lain teori komputabilitas mengklarifikasi persoalan sebagai dapat dipecahkan atau persoalan yang tidak dapat dipecahkan. Teori kompleksitas bertujuan untuk mengkaji kebutuhan waktu dan ruang untuk memecahkan persoalan yang diseleaikan dengan pendekatan yang berbeda-beda, dengan kata lain mengklarifikasi persoalan sebagai mudah atau sukar. 
Beberapa model komputasi :
  1. Finite State Automata (FSA) / Finite State Machine (FSM) 
  2. Push Down Automata (PDA)
  3. Mesing Turing (Turing Mesin) atau TM
Di dalam teori komputasi, model komputasi yang sering dipakai adalah Mesin Turing.

Bidang-bidang Computing 
  1. Computer Science (CS), fokus pada kajian aspek teoritis dan algoritmis bidang computing hingga aplikasinya.
  2. Software Engineering (SE), fokus pada pengembangan (analisis, desain, implementasi, testing), pengopraian, dan pemeliharan perangkat lunak secara sistematis dan terukur.
  3. Information System (IS), fokus pada pengintegrasian solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk mempertemukan kebutuhan informasi bisnis suatu enterprise.
  4. Computer Engineering (CE), fokus pada desain konstruksi komputer atau sistem berbasis komputer. 
  5. Information Technology (IT), fokus pada penggunaan teknologi komuter untuk mempertemukan kebutuhan bisnis, pemerintah, pendidikan, kesehatan, dan organisasi lainnya.


Implementasi Komputasi

  • Dalam bidang Fisika
Fisikan komputasi adalah studi implementasi numerik algortima untuk memecahkan masalah di bidang fisika dimana teori kuantitatif yang sudah ada. Dalam fisika, berbagai teori yang berdasarkan permodelan matematika menyediakan prediksi yang akurat mengenai bagaimana sebuah sistem bergerak. Namun seringkali penggunaan permodelan matematika untuk sebuah sistem khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa dilakukan ketika itu. Hal ini terjadi karena solusi permasalahan tidak memiliki ekspresi bentuk tertutup atau terlalu rumit. dalam banyak kasus perkiraan numerik dibutuhkan.

Fisika komputasi adalah subjek yang berhubungan dengan berbagai perkiraan numerik, perkiraan solusi yang ditulis sebagai sejumlah besar bilangan terbatas (finite) dari operasi matematika sederhana (algoritma), dan komputer digunakan untuk melakukan operasi tersebut dan menghitung solusi dan errornya. 

Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi. Suatu yang menjadi fokus perhatioan kita disini adalah penggunaan visual basic sebagai alat bantu dalam pembelajaran dan pencarian solusi Fisika komputasi. Kini komputer bukan hanya digunakan untuk mengolah data praktikum atau membuat dokumen ilmiah, namun dapat digunakan untuk menghitung suatu perhitungan yang rumit.

  • Dalam bidang Kimia 
Kimia komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (markomolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas, cairan, padatan, dan kristal cair), dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata. Contoh sifat-sifat molekul yang dihitung antara lain struktur , energi dan selisih energi, muatan, momen dipol, kereaktifan, frekuensi getaran dan besaran spektroskopi lainnya. 

Istilah kimia teori dapat didefinisikan sebagai deskripsi matematika untuk kimia, sedangkan kimia komputasi biasanya digunakan ketika metode matematika dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat digunakan dalam program komputer. Perlu dicatat bahwa kata "tepat" atau "sempurna" tidak muncul disini, karena sedikit sekali aspek kimia yang dapat dihitung secara tepat. Hampir semua aspek kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi kualitatif atau kuantitatif hampiran.

Terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan :
  1. Kajian komputasi dapat dilakukan untuk menemukan titik awal untuk sintesis dalam laboraturium.
  2. kajian komputasi dapat digunakan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboraturium.
  3. Kajian komputasi dapat digunakan untuk memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam system.

  • Dalam Bidang Matematika 
Implementasi komputasi dibidang matematika adalah numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah-masalah matematika. Bidang analisis numerik sudah dikembangkan berabad-abad sebelum penemuan komputer modern. Interpolasi linear sudah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Banyak matematikawan besar dari masa lalu disibukkan oleh analisis numerik, seperti yang terlihat jelas dari nama algoritma penting seperti metode Newton, interpolasi polinomial Lagrange, eliminasi Gauss, atau metode Euler.

Buku-buku besar berisi rumus dan tabel data seperti interpoiasi titik dan koefisien fungsi diciptakan untuk memudahkan perhitungan tangan. Dengan menggunakan tabil ini kita bisa melihat nilai-nilai untuk diisikan ke dalam rumus yang diberikan dan mencapai perkiraan numeris sangat baik untuk beberapa fungsi. Karya utama dalam bidang ini adalahh penerbitan NIST yang disunting oleh Abramovich dan Stegun, sebuah buku setebal 1000 halam lebih. Buku ini berisi banyak seklai rumus yang umum digunakan dan fungsi serta nilai-nilainya dibanyak titik. 

Kalkulator mekanik juga dikembangkan sebagai alat untuk perhitungan tangan. Kalkulator ini berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940. Kemudian ditemukan bahwa komputer juga berguna untuk tujuan administratif. Tetapi penemuan komputer juga mempengaruhi bidang analisis numerik, karena memungkinkan dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit.


  • Dalam Bidang Ekonomi 
Implementasi pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic system, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi. Kerena dibidang ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma contohnya adalah teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan.

Komputasi dapat digunakan untuk memecahan masalah ekonomi, contohnya seperti : Data Mining, dengan data mining sebuah perusahaan dapat memecahkan masalah dengan cara yang seefektif mungkin. Manfaat yang terjadi dengan adanya komputasi ini yaitu, perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manusia dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.


  • Dalam Bidang Geografi
Implementasi komputasi geografi adalah mengimplementasi atau mempraktekkan suatu model komputasi didalam faktor geografi, baik secara real maupun virtual. Geografi itu sendiri tidak selalu membahas tentang georafi Bumi dan cuacanya. Geografi yang dimaksud bisa saja berhubungan dengan dunia komputerisasi. Sebagai contoh adalah cloud computing. Cloud Computing didefinisikan sebagai sebuah model komputasi yang memungkinkan kita untuk memperoleh kenyamanan, akses on-demand terhadap kumpulan sumber daya komputasi, yang konfigurasinya dapat dilakukan dengan cepat, dan disertai sedikit usaha untuk mengelola dan berhubungan dengan penyedia layanannya.


  • Dalam Bidang Geologi 
Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut. Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. 


Referensi :

Friday, December 1, 2017

Rencana Bisnis

1. Ringkasan Eksekutif

PT. Flashdishku adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang elektronik untuk penyimpanan data dalam ukuran yang kecil atau biasa disebut flashdisk dengan merek dagang Flashdisku. Flashdisk merek flashdisku dibuat untuk menyegarkan pasar flashdisk, yang dominan berbentuk standar, membosankan, serta mudah hilang. Flashdisk blabla dibuat dengan model yang unik dan menarik, sehingga bisa dengan mudah menarik minat pembeli, dengan harga yang cukup bersaing.

 

Flashdisk merek flashdisku dibuat dengan mengikuti tren perkembangan zaman sehingga bisa menghasilkan produk yang unik. Selain itu customer bisa mendesain sendiri flashdisk yang diinginkan dan kami akan membuatkannya. Target pemasaran dari produk kami adalah pengguna yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan berbagai jenjang umur.

 

Dengan menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih, kami dapat memastikan produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, harga yang bersaing, serta mutu yang terjamin. Strategi pemasaran yang akan kami lakukan menggunakan 2 metode, yaitu penjualan offline dan online. Untuk online, customer dapat memesan produk atau mengirimkan desain ke situs kami yang beralamat di www.flashdisku.co.id. Sedangkan untuk offline, customer dapat langsung mengunjungi toko utama kami yang berada di Depok Town Square Lt 2 Blok SS1 No 5-6. Proses pengerjaan untuk desain custom bisa berkisar 7-14 hari tergantung penuh atau tidaknya antrian pembuatan di pabrik. Pabrik dan gudang kami berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 43 RT02/11 Cibinong.

 

Untuk mengusung produk yang kami tawarkan, berikut visi misi serta tujuan dari perusahaan yang kami buat untuk memenuhi kepuasan customer.

 

*Visi

Menjadi flashdisk nomor 1 di Indonesia dengan bentuk yang unik dan menarik.

*Misi

-Menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih untuk menjamin bentuk produk yang baik.

-Menyediakan outlet offline dan situs online yang mumpuni guna melayani customer.

*Tujuan

Menyediakan flashdisk yang unik dan menarik, yang memiliki desain yang mengikuti perkembangan zaman, serta dengan build quality yang terjamin mutunya.

 

Berikut susunan anggota tim manajemen PT. blabla:

Ahmad Zulfikar sebagai Manager of Warehouse & Production

Eka Leonard Sianipar sebagai Manager of Strategy & Accounting

Febryanto Budiman sebagai Chief Executive Officer

Muhammad Hasbi Asshodhiqi sebagai Manager of Costumer Relation

Muhammad Risfahuddin sebagai Manager of Sales & Marketing

Natharia Penta Aryani sebagai Manager of Technology & Innovation

 

 

 

2. Situasi saat ini

Selain lokasi pabrik dan gudang, serta 1 toko utama di Depok, kami berencana untuk menambah lokasi toko cabang di masing-masing wilayah terutama Jabodetabek.

 

Saat ini keberadaan flashdisk amat mempengaruhi dalam hal perkembangan teknologi. Dapat dilihat dari permintaan konsumen dalam membeli flashdisk berbagi ukuran penyimpanan. Faktor itu lah yang mendorong kami untuk membuat flashdisk dalam berbagai bentuk pilihan. Pilihan bentuk tipe flashdisk ini dapat dipesan sesuai keinginan konsumen. Kami dapat mengirimkan produk kami ini ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Dengan pemilihan bentuk flashdisk sesuai selera pembeli kami yakin mampu bersaing dengan para produsen flashdisk lainnya, yang biasanya hanya berbentuk polos. Dari segi pemilahan bahan kami juga sangat memperhatikannya.

 

3. Analisa Pesaing dan Isu – isu yang dihadapi Perusahaan

Usaha flashdisk dalam berbagai bentuk ini tidak hanya berguna bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi orang kantoran pun dapat membelinya. Kami membuat flashdisk berbagai bentuk agar pembeli tidak merasa bosan dengan bentuk flashdisk yang ada saat ini. 

Kami menyalurkan barang kami kebeberapa toko, tetapi para konsumen tidak hanya bisa membeli melalui toko saja tetapi bisa melalu online shop.

 

4.Tujuan Pemasaran
- Mempromosikan produk Flashdisk unik kepada masyakrakat
-Meningkatkan pendapatan pada perusahaan
-Meningkatkan target volume penjualan produk perusahaan
-Menghindari kelurgian dalam penjualan produk perusahaan

5. Strategi Pemasaran

·         Produk

Untuk produk yang perusahaan kami tawarkan adalah flashdisk yang berbeda dengan flashdisk pada umumnya, karena flashdisk kami mempunyai beragam bentuk seperti kartu, gelang, pulpen, dan bentuk lainnya.

 

·         Harga

Untuk harga dari produk yang kami sediakan ini bervariasi, tergantung pada kapasitas flashdisk itu sendiri. Variasi dari bentuk flashdisk tersebut tidak memengaruhi harga dari produk kami ini. Berikut daftar harga dari produk kami berdasarkan besarnya kapasitas yang tersedia.

 

No.

Kapasitas

Harga

1.

4 GB

Rp 50.000,00

2.

8 GB

Rp 80.000,00

3.

16 GB

Rp 120.000,00

 

·         Promosi

Selain promosi langsung yang dilakukan di outlet kami, kegiatan promosi ini juga kami lakukan secara online, terutama melalui sosial media Instagram. Jika costumer mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami, kami menyediakan Customer Service yang akan melayani pertanyaan para customer melalui aplikasi Whatsapp. Kami juga memiliki website dengan tampilan menarik sebagai bagian dari promosi dan untuk mempermudah proses transaksi secara online.

Kami memilih sosial media Instagram sebagai media promosi utama kami karena Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Selain promosi melalui akun Instagram kami sendiri, kami juga melakukan promosi melalui akun Instagram yang memiliki banyak followers, sehingga orang lain bisa lebih mudah untuk melihat produk-produk kami ini.

Website kami menggunakan teknologi e-commerce, sehingga transaksi dapat dilakukan secara online yang dapat memudahkan costumer dalam bertransaksi. Dalam website kami customer dapat memilih langsung bentuk flashdisk yang diinginkan beserta berapa besar kapasitas yang dibutuhkan.

 

·         Toko

Saat ini untuk toko offline kami memiliki satu toko yang berlokasi di lantai 2 Margo City Mall, Jl. Raya Margonda Depok yang beroperasi pada pukul 10.00 – 20.00. Namun untuk toko online yang tersedia seperti website dan di sosial media, kami tetap beroperasi 24 jam.

 

6.Kegiatan pemasaran

-Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan pemasaran adalah melalui media social media dengan cara menyebarkan konten berupa Video-Komik yang mempromosikan priduk dengan cara softshell.

-Waktu kegiatan
Waktu operasional adalah dari hari snein hingga jummat, mulai dari pukul 09:00 -23:00 . wakti pemasaran penyebaran konten dilakukan pada waktu prime time. Yaitu video pada pukul 12:00 dan komik pada 20:00.

-Pelaksana kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Konten maker dari tim kami.

 

7.Rencana Anggran

Untuk anggaran biaya untuk memajukan perusahaan yang kami buat. Kami sudah berdiskusi tentang pemakaian dana-dana yang dipakai secara efektif dan efisien. Untuk rinciannya bisa di lihat dibawah ini:

NO.

Alokasi Dana

Biaya (Rp.)

1

Endorsement Media Sosial

Rp.5.000.000

2

Pembuatan Website

Rp.2.000.000

3

Iklan di website-website

Rp.3.000.000

4

Pembuatan Toko Fisik

Rp.9.000.000

5.

Modal pembuatan barang

Rp.10.000.000

 

Total Biaya

Rp.29.000.000

 

8.Target Numerik

Untuk target pertama perusahaan kami , kami menargetkan laba bersih sekitar 50% dari modal pembuatan barangnya. Karena kami  yakin dengan produk kami yang banyak diminati oleh konsumen dan juga dengan memanfaatkan teknologi di bidang teknik informatika kami membuat website yang bisa membuat konsumen membeli produk kami dimana saja melalui online. Selain itu target utama kami adalah membuat perusahaan ini berjalan dengan lancar dan memiliki keuntungan yang besar dan juga stabil.

9.Kriteria Pengukuran

Aspek yang menjadikan pengukuran untuk mengetahui apakah dari  strategi pemasaran yang kita lakukan berjalan dengan baik apa tidak.adalah denga mengukur traffic dari pengunjung website.kita bisa melihatnya dengan membaca pola berapa lama dia berada di dalam website.

 Tolak ukur yang di ambil adalah
1.lebih dari 5menit > mencari ketertarikan
2.10menit > mencari kepercayaan
3.20menit > kepercayaan konsumen terhadap produk

Aspek selanjutnya diukur berdasarkan statistik follower viewers dari account instagram.

 

Anggota Kelompok:
1.Ahmad Zulfikar
2.Eka Leonard (http://eka-leonards.blogspot.co.id/)

3.Febrianton Budiman (http://febryanto-budiman.blogspot.co.id)
4.Muhammad Hasbih Assodhiqi (
dkakap.blogspot.com)
5.Muhammad Risfahudin (http://weblog57414503.blogspot.co.id/)
6.Natharia Penta (
http://nathariapenta.blogspot.co.id/)