1.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi
saat ini berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia
yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia
dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer
merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja
manusia.Teknologi komputer telah diterapkan diber- bagai macam bidang meliputi pendidikan,kesehatan,perkantoran, telekomunikasi, bisnis, dan sebagainya,
begitu juga dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah
Game, gamesangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan.
teknologi komputer. Game sangatbanyak diminati baik dari ka-
langan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Na- munpada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu
buku yang mengangkat game yang taklekang oleh wak-
tu yaitu game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancanggame, kita dapat mempelajari su-
atu media yang salah satunya adalah Arduino. Ardui-
no adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiringplatform, diran-
cang untuk memudahkan penggunaan elektronik da- lam berbagaibidang.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam pembuatan game tetris menggunakan
ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi pada:
1. Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2. Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba-
gi pembuatgame.
1.3
Tujuan
Tujuan dalam penulisan ini bermaksud untuk mem- buat
game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis Arduino” dan juga diharapk-
an agar buku ini menjadireferensi dalam membuat ga- me
dengan arduino.
1.4
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang diterapkan penulis un-
tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan yang akan dibahas dalam
penulisan ini, sehingga akanmemperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari
penulisan ini terdiri dari empat babdiantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoal- an yang terdiri dari Latar BelakangMasalah, Batasan
Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign,
Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas game te-
tris dengan menggunakan arduino,Struktur Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi
Perangkat yang Digunakan, serta Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam
implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai
evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.
1. Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2. Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba- gi pembuatgame.
No comments:
Post a Comment