Search This Blog

Sunday, August 20, 2017

BAB 2 GAME DESIGN

2.1 Penjelasan Arduino


Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prose- sor Atmel AVR dan softwarenya memilikibahasa pem- rograman sendiri. Arduino juga merupakan platform hardware terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktifberdasarkan hardware dan software yang flek- sibel dan mudah digunakan. Mikrokontrolerdiprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang me- miliki kemiripan syntax dengan bahasa  pemrograman
C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja da- pat mengunduh skema hardware arduino dan memba- ngunnya.  Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone arduino dengan menggunakan mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan arduino pada level hardware. Untuk fleksibilitas, program dimasukkan melalui boot- loadermeskipun ada opsi untuk membypass bootloa- der dan menggunakan downloader untukmemprogram mikrokontroler secara langsung melalui port ISP
Semuanya berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di institute Ivrea, Italia pa- da tahun 2005, dikembangkan oleh Massimo Banzi dan DavidCuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. La- lu diganti nama menjadi Arduino yang dalambahasa Italia berarti teman yang berani. Tujuan awal dibu- at Arduino adalah untukmembuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang ada saat itu. Dan per- angkattersebut ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi. Visi awalnya aja udah mulia kan.
Saat ini tim pengembangnya adalah Massimo Ba- nzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka mengu- payakan 4 hal dalamArduino ini, yaitu: Harga terjang- kau Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, Win- dows, Linux, Max, dan sebagainya. Sederhana, dengan bahasa pemograman yang mudah bisa dipelajari orang awam, bukan untuk orang teknik saja. Open Source, hardware maupun software. Sifat Arduino yang Open Source, membuat Arduino berkembang sangat cepat. Dan banyak lahir perangkat-perangkat sejenis Arduino.  Seperti DFRDuino atauFreeduino,dan kalau yang lokal ada namanya CipaDu- ino yang dibuat oleh SKIR70, terus adaMurmerDuino yang dibuat oleh Robot Unyil, ada lagi AViShaDui- no yang salah satupembuatnya adalah Admin Kelas Robot. Sampai saat ini pihak resmi, sudah membu- at berbagai jenis- jenis Arduino. Mulai dari yang pa- ling mudah dicari dan paling banyakdigunakan, yaitu Arduino Uno. Hingga Arduino yang sudah menggu- nakan ARM Cortex, beebentuk Mini PC. Dan sudah ada ratusan ribu Arduino yang digunakan di gunakan di dunia pada tahun 2011. Dan untuk hari ini, yang bisa kamu hitung sendiri ya. Dan Arduinojuga sudah banyak dipaka oleh perusahaan besar. Contohnya Go- ogle menggunakan Arduino untuk Accessory Develo- pment Kit, NASA memakai Arduino untuk prototypin, ada lagi Large Hadron Colider memakai Arduino dalam beberapa hal untuk pengumpulan data. Dan banyak yang bertanya juga Arduino ini menggunakan bahasa pemograman apa? Arduino sebenarnya menggunakan bahas C, yang sudah disederhanakan. Sehingga orangawam pun bisa menjadi seniman digital, bisa mempe- lajari Arduino dengan mudahnya.

           2.1.1           Jenis - Jenis Arduino

Dan seperti Microcontroller yang banyak jenisnya, Arduino lahir dan berkembang, kemudian muncul de- ngan berbagai jenis. Diantaranya adalah:
   Arduino Uno
Jenis yang ini adalah yang paling banyak digunakan.Terutama untuk pemula sangatdisarankan untuk meng- gunakan Arduino Uno.Dan banyak sekali referensi yang membahas Arduino Uno. Versi yang terakhir ada- lah Arduino Uno R3 (Revisi 3),menggunakan ATME- GA328 sebagai Microcontrollernya, memiliki 14 pin I/O digital dan 6 pininput analog. Untuk pemograman cu- kup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan pada USB printer.
   Arduino Due
Berbeda dengan saudaranya, Arduino Due tidak meng- gunakan ATMEGA, melainkan dengan chip yang le- bih tinggi ARM Cortex CPU. Memiliki 54 I/O pin digital dan 12 pininput analog. Untuk pemograman- nya menggunakan Micro USB, terdapat pada beberapa handphone.
   Arduino Mega
Mega Mirip dengan Arduino Uno, sama-sama menggu- nakan USB type A to B untukpemogramannya. Teta- pi Arduino Mega, menggunakan Chip yang lebih tinggi ATMEGA2560. Dan tentu saja untuk Pin I/O Digital dan pin input Analognya lebih banyakdari Uno.
   Arduino Leonardo
Bisa dibilang Leonardo adalah saudara kembar dari Uno. Dari mulai jumlah pin I/O digitaldan pin input Analognya sama. Hanya pada Leonardo menggunakan Micro USB untukpemogramannya.
   Arduino Fio
Bentuknya lebih unik, terutama untuk socketnya. Wa- lau jumlah pin I/O digital dan input analognya sama dengan uno dan leonardo, tapi Fio memiliki Socket XBee. XBee membuat Fio dapat dipakai untuk ke- perluan projek yang berhubungan dengan wireless.
   Arduino Lilypad
Bentuknya yang melingkar membuat Lilypad dapat di- pakai untuk membuat projek unik. Seperti membuat amor iron man misalkan. Hanya versi lamanya meng- gunakanATMEGA168, tapi masih cukup untuk mem- buat satu projek keren. Dengan 14 pin I/O digital,dan 6 pin input analognya.
   Arduino Nano
Sepertinya namanya, Nano yang berukulan kecil dan sangat sederhana ini, menyimpanbanyak fasilitas. Su- dah dilengkapi dengan FTDI untuk pemograman lewat Micro USB. 14Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). Dan ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328.
   Arduino Mini
Fasilitasnya sama dengan yang dimiliki Nano. Hanya tidak dilengkapi dengan Micro USB untuk pemogram- an. Dan ukurannya hanya 30 mm x 18 mm saja.
   Arduino Micro
Ukurannya lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.
   Arduino Ethernet
Ethernet Ini arduino yang sudah dilengkapi dengan fa- silitas ethernet. Membuat Arduinokamu dapat berhu- bungan melalui jaringan LAN pada komputer. Untuk fasilitas pada Pin I/ODigital dan Input Analognya sa- ma dengan Uno.
   Arduino Esplora
Rekomendasi bagi kamu yang mau membuat gadget sepeti Smartphone, karena sudah dilengkapi dengan Joystick, button, dan sebagainya. Kamu hanya perlu tambahkan LCD,untuk lebih mempercantik Esplora.
   Arduino Robot
Robot Ini adalah paket komplit dari Arduino yang su- dah berbentuk robot. Sudah dilengkapidengan LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan semua yang kamu butuhkan untuk robotsudah ada pada Arduino ini.

        2.2          Penjelasan Game Tetris

Tetris” adalah potongan permainan berbentuk se- perti tetromino, bentuk geometris terdiri dari empat blok persegi masing-masing. Urutan acak Tetriminos jatuh di lapangan (sebuah porosvertikal persegi pan- jang, yang disebut ”sumur” atau ”matriks”). Tujuan permainan ini adalah untuk memanipulasi  Tetriminos ini, dengan menggerakkan masing-masing ke samping (jika pemain merasakan kebutuhannya) dan memutar- nya dengan unit 90 derajat, dengan tujuan mencip- takan garis horizontal sepuluh unit tanpa celah. Bila garis seperti itu dibuat, lenyap, dansetiap blok di atas garis yang dihapus akan jatuh. Bila sejumlah baris telah dihapus, permainanakan memasuki level yang baru. Seiring permainan berlangsung, setiap tingkat menyebabkan Tetriminos jatuh lebih cepat, dan per- mainan berakhir saat tumpukan Tetriminos mencapai puncak lapangan dan tidak ada Tetriminos baru yang bisa masuk. Beberapa permainan juga berakhir sete- lah sejumlah level atau garis yang terbatas. Semua Tetriminos mampumembersihkan satu dan dua. I, J, dan L mampu membersihkan tiga kali lipat. Hanya sa- ya Tetrimino memiliki kapasitas untuk membersihkan empat baris secara bersamaan, dan ini disebut seba- gai ”tetris”. (Hal ini dapat bervariasi tergantung pada aturan rotasi dan kompensasidari setiap implementa- si Tetris yang spesifik. Misalnya, dalam Sistem Rota- si Super yang digunakan dalam implementasi terbaru, [10] situasi tertentu memungkinkan T, S, dan Z untuk ’snap’ ke tempat yang ketat. Dan tiga kali lipat.
Formula penilaian untuk sebagian besar produk Te- tris dibangun berdasarkan gagasanbahwa garis yang
lebih sulit dibersihkan harus diberi lebih banyak poin. Sebagai contoh, satu baris yang jelas di Tetris Zone bernilai 100 poin, membersihkan empat baris sekaligus (dikenal sebagai Tetris)bernilai 800, sementara Tetris back-to-back bernilai 1.200 masing-masing.  [12]
Hampir semua permainan Tetris memungkinkan pe- main menekan tombol untuk meningkatkan kecepatan potongan potongan saat ini, daripada menunggu sam- pai jatuh. Pemain juga bisa menghentikan potongan- potongan yang meningkat kecepatannya sebelumpo- tongannya mencapai lantai dengan melepaskan tom- bolnya, ini adalah ”soft drop”; Jika tidak, ini adalah ”tetesan keras” (beberapa permainan hanya memung- kinkan tetesan atau tetesan keras; yang lainnya me- miliki tombol terpisah). Banyak penghargaan game sejumlah poin berdasarkan ketinggian potongan yang jatuh sebelum mengunci.
Beberapa varian Tetris ada. Beberapa fitur atur- an dan potongan alternatif, beberapa fiturtopologi al- ternatif atau dimensi, dan lain-lain memiliki gameplay yang sama sekali berbeda.
Sebuah varian populer yang disebut ”The Grand Master” akhirnya menjadi pemain yang sangat cepat harus menggunakan setiap detiknya secara optimal, dan bahkan memiliki mode yang dijuluki ”Invisible Tetris”, dimana balok hanya ditampilkan saat jatuh - lalu ter- ungkap saat permainan sudah selesai.
Karena popularitas dan kode yang relatif sederhana yang dibutuhkan untuk menghasilkan game, permain- an dengan aturan yang hampir sama seperti Tetris sering digunakan sebagai proyek hello world untuk pem- rogram coding untuk sistem atau bahasa pemrograman baru. Halini mengakibatkan tersedianya sejumlah be- sar port untuk platform yang berbeda. Misalnya, Tor- rent dan GNU Emacs berisi permainan susun bentuk serupa seperti telur Paskah.

        2.3   Object dari Game Tetris

Object utama dari game ini adalah balok sesuai de- ngan nama game tersebut. Lalu terdapat tombol pe- ngarah untuk mengarahkan balok ke bagian yang di inginkan.


Gambar 2.1 Lampu Balok

 
Gambar 2.2 Tombol Contoler

 
Gambar 2.3 Mesin Tetris

          2.4            Level pada game


Di awal permainan kamu akan mendapatkan se- rangkaian tutorial yang akan membantumu untuk me- mulai permainan. Ya sebenarnya kamu tidak mem- butuhkan tutorial tersebut karena game ini memang sangat mudah untuk dimainkan.Setelah melewati be- berap tutorial barulah kamu bermain game sebenar- nya. Darilevel 1 sampai level 4 memang masih cukup mudah untuk dilalui, tetapi setelah level 4keatas ka- mu akan merasakan gimana sulitnya menemukan balok dengan bentukyang dituju. Puluhan balok akan ber- jatuhan dari atas ke bawah, tugas kita adalahmencari bentuk yang dituju di dalam puluhan balok yang ber- jatuhan tersebut. Jika balok yang dituju sudah jatuh dan melewati layar.
smartphone kita maka permainan pun berakhir. Da- lam game ini juga terdapat fitur di mana kamu  bisa mengatur untuk memulai game dengan level 1  5. Ja- di kamu tidak perlu report-repot lagi harus mengulang dari level satu setelah kalah. Selain itukamu juga bisa mengatur framrate dari game yang kamu mainkan, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan gadget yang kamu mi- liki. Hanya ada 1 mode di dalam game ini, namun di dalam mode endless ini terdapat 10 level yang bisa ka- mu capai. Setiap level mempunya tingkat kesulitannya masin-masing, dan yang tersulit adalah level 10. Bahk- an saya belum pernah mencapai level 10 setelah satu jam bermain. Selain banyak blok yang akan membu- atmu pusing, di setiap level, kecepatan dari jatuhnya blok akanbertambah, jadi mau tidak mau kamu harus berfikir cepat dalam menemukan balok yang  dituju.

 Gambar 2.4 Game tetris menggunakan alat


 2.5       Gameplay Tetris

Langkah 1 Daftar Bahan Sebuah maminboard Ardu- ino, keyboard analog, layar LCD
*  1xFreaduino Uno;
*  1xADkey;* 1xTFT01-1.8;
                Prinsip Kerja: Level game:Mudah, Normal. Sulit


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja manusia.Teknologi komputer telah diterapkan diber- bagai macam bidang meliputi pendidikan,kesehatan,perkantoran, telekomunikasi, bisnis, dan sebagainya, begitu juga dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah Game, gamesangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan. teknologi komputer. Game sangatbanyak diminati baik dari ka- langan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Na- munpada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu buku yang mengangkat game yang taklekang oleh wak- tu yaitu game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancanggame, kita dapat mempelajari su- atu media yang salah satunya adalah Arduino. Ardui- no adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiringplatform, diran- cang untuk memudahkan penggunaan elektronik da- lam berbagaibidang.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam pembuatan game tetris menggunakan ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi pada:
1.    Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2.    Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba- gi pembuatgame.

1.3 Tujuan
Tujuan dalam penulisan ini bermaksud untuk mem- buat game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis Arduino” dan juga diharapk- an agar buku ini menjadireferensi dalam membuat ga- me dengan arduino.

1.4 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang diterapkan penulis un- tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akanmemperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat babdiantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoal- an yang terdiri dari Latar BelakangMasalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME  DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign, Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas game te- tris dengan menggunakan arduino,Struktur Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta  Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.

Sunday, November 13, 2016

Software Pembuatan Animasi Keluarga Somat dan Perbandingannya


   Setelah saya sebulan mancari cari akhirnya saya menemukan , Pembuatan animasi keluarga somat menggunakan aplikasi blender. Tapi sebelum memulai saya akan menjelaskan apa sih sebenarnya blender itu , apakah  blender yang sering dipakai ibu kita didapur untuk membuat jus. Saya akan menjelaskanya sesuai kemampuan saya.

Blender
Blender adalah sebuah aplikasi untuk membuat karya 3 dimensi di blender kita bisa membuat objek 3D , Membuat animasi 3D dan juga bahakan diblender kita juga bisa membuat game. Fitur Fitur yang ada diblender cukup lengkap jadi kita tidak akan  kesulitan membuat karya 3D yang akan kita buat. Selain itu blender bersifat open source jadi kita bisa memakai nya secara gratis tanpa harus khawatir tentang yang namanya pembajakan kita cukup mengunduh nya secara gratis di situs resmi blender yaitu https://www.blender.org/ .
 Akhir akhir ini saya juga mendapatka tugas dari praktikum LAB TI yaitu menggunakan blender jadi saya cukup mengetahui tentang blender. Fitur fitur di blender cukup mudah dan juga untuk control camera untuk membuat objek 3D cukup luwes. Jadi blender merupakan pilihan yang tepat untuk belajar membuat animasi 3D untuk para pemula selain mudah blender juga gratis digunakan oleh siapa saja. Inilah tampilan awal aplikasi blender yang ada dilaptop saya.
Oke setelah sedikit saya menjelaskan tentang blender saya akan menjelaskan cara pembuatan animasi keluarga somat dengan menggunakan blender. Karena di internet saya tidak menemukan gambar langkah langkah membuatnya saya akan menjelaskan setau saya dalam membuat animasi keluarga somat dengan bekal praktikum LAB TI yang kemarin saya jalani.
Tahap Tahap Dalam Pembuatan Animasi Keluarga Somat
1.Modelling 
Modelling adalah langka awal dalam pembuatan suatu animasi karena jika tidak ada modeling maka tidak ada objek atau sesuatu yang akan kita gerakkan dalam suatu animasi. Seperti contoh di keluarga somat pertama tama kita harus membuat tokoh tokoh dan juga background dalam pembuatan animasinya .karena modeling hal paling dasar dan harus ada dalm pembuatan animasi

2.Texturing
Texturing adalah penambahan texture kedalam model yang akan kita buat tekstur tersebut seperti memberi warna kedalam model model yang akan kita animasikan nah jika dilihat dari review kemarin keluarga si somat kurang bagus ditahapan ini karena pewarnaan dalam setiap objek nya kurang bagus dan terasa masih terlihat halus , harusnya di texturing ini mereka harus memperbagus pewarnaan supaya animasi keluarga si somat bagus dilihatnya.

3.Rigging
Rigging adalah penembahan kerangka kedalam objek yang akan kita buat yang berguna untuk kita bisa menggerakkan objek yang kita buat untuk animasi.nah dirigging ini semakin detail kerangkanya dan maka pergerakkan karakter maka akan semakin halus.

4.Animasi
Setelah melakukan ke 3 langkah diatas saatnya membuat animasi . didalam animasi ada yang namanya frame frame. Frame adalah tempat di buatnya suatu animasi untuk animasi standar dalam 24 frame hanyak menghasilkan 1 detik animasi jadi kebayangkan film animasi yang kita tonton terbuat dari puluhan ribu frame dan bahkan jutaan frame untuk suatu animasi movie.

Setelah itu saya akan mebandingkan software pembuatan animasi 3D untuk perbandingan dalam membuat animasi.
Ada 3 buah software yang terkenal dan paling sering dipakai dalam membuat suatu animasi 3D yaitu Blender, 3D MAX dan juga AutoCAD. Di ke 3 software ini memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing masing. Yaitu bisa dilihat dibawah ini.

1.Blender 3D


Kelebihan Blender 3D

·                     Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
·                     Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
·                     Tidak berat saat melakukan render
·                     Dan mudah untuk digunakan
Kelemahan Blender 3D
·                     Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
·                     Tampilan cukup berantakan
·                     Semua proses dilakukan dengan manual

2.Autodesk 3D Max


Kelebihan Autodesk 3D Max
·                     Hasil yang dihasilkan dengan 3D Max lebih bagus dari pada aplikasi lainnya
·                     Dapat menambahkan fitur efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, kabut dll
·                     Dapat menjalankan proses animasi sesuai dengan keinginan pengguna
·                     Tools yang dimiliki banyak dan support oleh banyak program lainnya
Kekurangan Autodesk 3D Max
·                     Untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan
·                     Kamera yang terdapat di 3D Max sulit untuk di atur

3.Autodesk AutoCad


Kelebihan Autodesk AutoCad
·                     Gambar yang dihasilkan dengan AutoCad mempunyai kualitas yang lebih bagus dan lebih rapi
·                     Bidang gambar yang terdapat pada AutoCad tidak terbatas sehingga memungkinkan membuat desain yang ukurannya luas dan kompleks.
·                     Hasil penyimpanan file gambar pada AutoCad dapat dibuka dengan software lain

Kekurangan Autodesk AutoCad
·                     PC yag dimiliki harus mempunyai spesifikasi yang besar
·                     Software berbayar
·                     Strukur file hasil penggambaran, definisi database dari software tersebut sangatlah rumit
·                     Untuk menggunakan software yang satu ini tidak mudah dan butuh pelatihan untuk mempelajarinya

Untuk membuat animasi keluarga somat saya lebih prefer untuk menggunakan software 3D max karena fitur fitur yang ada disana lebih lengkap dibandingkan dengan ke 2 software lawannya dan juga hasil yang di buat menggunakan 3D Max lebih bagus dari yang lainnya akan tetapi untuk membuat animasi menggunakan 3D Max dibutuhkan tenaga ahli yang mumpuni di bidang grafis 3D untuk membuat animasi 3D lebih maksimal.
Terima Kasih sudah membaca hingga akhir , sampai ketemu di next post bye bye .


source kelebihan dan kekurangan software animasi 3D:
http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html

Sunday, October 9, 2016

Review Film Animasi Keluarga Somat

 



  Hai sobat blogger kembali lagi dengan saya Vcars. kali ini saya akan mereview film animasi buatan anak bangsa yaitu keluarga somat , saya akan bercerita sedikit tentang asal usul  keluarga somat ,keluarga somat adalah film animasi yang diproduksi dreamtoon yang saat ini ditayangkan di salah satu televisi swasta yaitu indosiar. Keluarga somat pertama kali ditayangkan pada tanggal 8 juni 2013 hingga saat ini ,sampai saat ini keluarga somat sudah mencapai 232 episode ternyata sudah banyak juga ya.
Oke saatnya mereview sobat

A.Pengenalan tokoh
Dikeluarga somat terdapat 4 pemeran utama yang tentunya yaitu anggota keluarga somat sendiri bisa dilihat diatas untuk orang yang berkums bernama pak somat dan istrinya bu inah mereka mempunya anak yang bernama dudung untuk yang lakinya dan ninung untuk yang perempuannya. selain itu ada banyak tokoh tokoh lainnya seperti teman teman nya dudung di sd , bu guru , pak rt , tetangga pak somat. mereka semua yang berperan membuat alur cerita menjadi menarik.

B.Alur Cerita
Untuk alur ceritanya merupakan keseharian keluarga somat sendiri bahkan di alur ceritnya terdapat kejadian kejadian seperti di kehidupan asli kita seperti berpuasa di bulan ramadhan, hari kemerdekaan indonesia tanggal 17 agustus dan lain lain. Memang keluarga somat lebih cenderung bergenre komedi  ala ala masyarakat indonesia.contohnya adalah disalah satu episode dudung diberi tugas oleh gurunya untuk mencari tanaman kumis kucing karena si dudung tertidur terjadi miss komunikasi antara dudung dan gurunya dan besoknya dudung malah membawa kumis kucing kesayangannya ke gurunya dan dia akhirnya disetrap didepan kelas, dan juga temannya salah mengartikan tanaman pecah beling keesokannya dia membawa pecahan beling piring dirumahnya , ada ada saja kelakuan mereka.

C.Art dan Animations
Ini adalah salah satu scene dikeluarga somat episode ditilang polisi. bisa dilihat diatas latar atau lebih tepatnya background seperti rumah , tiang , jalanan kurang hidup bukan karena mereka benda mati tetapi karena gambar nya kurangnya penegasan jadi gambarnya terkesan masih halus. Untuk animasinya atau pergerakannya masih terkesan kaku jadi gerakannya terlihat patah patah, dan juga terlebih lagi gerakan mulut dan dubbing terasa kurang pas

  Overall dari semuanya jika di beri penilaian dari 1-10 maka saya akan memberikan nilai 7,9 walaupun art nya kurang mendukung dan juga gerakanya masih terlihat kaku tetapi alur cerita dan juga komedinya sangat terasa sehingga membuat orang yang menontonnya tertawa karena ceritanya diambil dari kehidupan sehari hari kita.

dibawah ini saya akan berikan salah satu episode keluarga somat selamat menonton sobat.
Terima kasih sudah membaca review yang telah saya buat sampai jumpaaa...



Wednesday, June 22, 2016

4 International Colleges and Universities

Apa itu 4ICU???

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang 4ICU, mungkin bagi kita orang awam yang belum mengetahu apa itu 4ICU, kita akan sangat bingung dan mencari diinternet apa itu 4ICU, disini penulis akan mengupas secara tuntas apa saja yang menjadi pertanyaan tentang 4ICU?, mulai dari definisi, metodologi, cara kerja, dan lain-lain mengenai 4ICU.


4ICU(4 International Colleges and University)

4ICU(4 International Colleges and University) adalah sebuah mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki 11.307 Universitas diseluruh dunia yang sudah terakreditasi yang tersebar di 200 Negara, untuk diperingkatkan dari baik untuk antar wilayah, Negara, maupun Benua.

Terakreditasi disini,ialah sudah diakui oleh badan-badan nasional dan sudah dilegalkan,dan berhak memberikan gelar sarjana bagi mahasiswanya, dan metode pembelajaran yang sesuai yang telah ditetapkan.

Dari definisi ini bisa memunculkan berbagai pertanyaan, bagaimana 4ICU ini bekerja, bagaimana metodologi penelitiannya, dan apa manfaatnya bagi institusi terkait, itu semua akan penulis bahas selanjutnya dalam artikel ini.

Metodologi Penelitian

Dari definisi yang penulis kutip dari salah satu web, bisa kita ketahui 4ICU menilai peringkat universitas berdasarkan kepopuleran web universitas tersebut, namun 4ICU tidak memberikan rincian yang jelas, 4ICU hanya memberikan acuan penilaian berdasarkan:

-Google Page Rank
-Alexa Traffic Rank
-Majestic SEO

Menurut salah satu web universitas, langkah langkah penelitian 4ICU seperti berikut,


1) Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data

2) Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers)

3) Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi

4) Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO

5) Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi

Manfaat 4ICU

Tentu pemeringkatan universitas diseluruh dunia ini ada banyak manfaatnya, baik positif maupun negatif,baik untuk institusi terkait, untuk calon mahasiswa , dan pihak lainnya.

Positifnya bagi institusi terkait:

-Membuat Universitas terkait menjadi populer dan dikenal
-Bisa menjadi bahan promosi apabila peringkat Universitas tersebut baik
-Mengetahui seberapa pupuler web Universitas tersebut, dan masih banyak lainnya.

Negatifnya bagi institusi terkait:

-Membuat rating semakin menurun bila peringkat Universitas tersebut rendah
-Membuat calon mahasiswa ragu mendaftar di universitas tersebut bila peringkat rendah
-dan masih banyak lainnya


Ranking Universitas berdasarkan 4ICU

Bagaimana ranking universitas di tahun 2016 ini berdasarkan 4ICU? Penulis akan menampilkannya. Berikut peringkat Universitas di seluruh dunia dan Indonesia:

Tampilan awal

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIWqLWA3LCdDRs74_nKdOGy8gPNw7-aGfVIj67hph13-qT1DKL71cK8st7oFC8PahGumP-n_zeY78jKIahAly16mrIv26kX040dvQpTLorDlLGHd8mc06D2vh3TRQ7ktv_jCHmJtBfVtzY/s640/





Ini adalah ranking 20 universitas terbaik di dunia menurut 4ICU tahun 2016

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWqe8yLNU1eKenPhv8jU_MJ1w3CbGobCWKnPYx8MO5x5ZcbaUzNiQe8UULhHA_nILFR30tkpITWFGis24Qk5csmvI_83ezW4CYfZBFBeP15zZB_Bq0av8DTYf4PUitX7GNQ0DwPq0vxxPI/s640/




Ini adalah 15 Universitas terbaik di Indonesia menurut 4ICU tahun 2016

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwDjh_pjNijJ3ckopw9vVvBht4kXShKtuNbMonpEU4veFAiIsXayWoKgqZZS3zQuSI9te3f2LNy49Xu6phXjr-9zUckcJ5yd2MFeoagQTniJkKNN62Qx0k64aAaj2IJygsJvsrB5yOaqHO/s640/



Sumber:
http://blacklantana.blogspot.co.id/2016/06/4-international-colleges-and.html

Webometrics



Pengertian Webometrics
Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics adalah organisasi yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia, sebagai rintisan Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Clentificas, lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Update hasil pemeringkatan dirilis Webometrics setiap bulan Januari dan Juli. Komponen yang di gunakan Webometrics untuk pemeringkatan adalah Visibility (50%) yang terdiri dari impact yaitu jumlah link eksternal menurut Ahrefs dan Majestic SEO, dan Activity (50%) yang terdiri dari Presence (20%), yakni jumlah halaman situs domain menurut Google, Openness (20%) yakni jumlah publikasi ilmiah dalam format rich files (*pdf, *doc, *ppt, *ps) menurut Google Scholar, dan Excellence (10%) yakni jumlah publikasi ilmiah menurut Scimago.



Empat Parameter Webometrics

1. Visibility (V) adalah Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi - logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.

2. Size (S) adalah Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.

3. Rich Files (R) adalah Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.

4. Scholar (Sc) adalah Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.

Peringkat 20 Universitas terbaik di Dunia menurut Webometrics tahun 2016






Sumber :
http://blacklantana.blogspot.co.id/2016/06/webometrics.html

Saturday, June 4, 2016

Tugas Softskill Sertifikat Seminar

Tugas Softskill sertifikat seminar



      Sedikit saya akan menceritakan tentang apa saja yang ada diseminar itu, seminar  "TECHNOPRENEUR" IT FESTIVAL 2015 bisa dibilang merupakan seminar terbesar yang dkhususkan untuk anak IT pada tahun itudi universitas gunadarma , disana di datangkan 2 tamu besar brand ternama DELL dan juga INTEL dimana kita sudah tahu ke 2 brand itu memiliki kemajuan teknologi yang sangat besar.
      Di seminar ini memiliki 2 sesi yang pertama adalah sesi yang dimulai oleh DELL dan yang kedua adalah INTEL. Disesi pertama DELL memperkenalkan produk produk terbaiknya yang belum di publish dipasaran salah satunya yang membuat saya tertarik adalah notebook khusus untuk gamming
yang kita ketahui bahwa notebook dibuat untuk membuat pekerjaan perkejaan yang dari skala kecil kemenengah tetapi kali ini DELL membuat notebook khusus gamming sebagai terobosan terbarunya.
      DELL juga menguji coba notebook itu saat itu juga untuk menunjukan bahwa dia tidak bohong dengan mencoba memainkan game game berat seperti Assasin Creed Unity ,  Wachtdog , GTA 5 yang notabenenya bisa dibilang game kelas berat untuk memainkan game ini kita minimal membutuhkan ram 8gb untuk memainkan game ini dengan lancar . Notebook dari DELL ini mampu memainkan game ini dengan lancar dan aman.
      Disesi ke2 INTEL tidak kalah mutakhirnya dengan mengusung kamera sensor 3D nya kamera ini bisa menscan bagian tubuh kita dengan tepat dan akurat kemajuan ini di buat INTEL untuk memperpendek jarak antara manusia dengan komputer sehingga nanti dimasa depan kita bisa berbicara dengan komputer seperti layaknya manusia pada umumnya. Selain itu INTEL juga membuat sensor suara yang di padu padankan dengan kamera sensor 3D untuk mengoptimalkan karyanya.

Mungkin ini saja garis besarnya dari seminar  "TECHNOPRENEUR" IT FESTIVAL 2015
Mohon maaf atas kekurangannya , terima kasih banyak.