Search This Blog

Sunday, August 20, 2017

BAB 2 GAME DESIGN

2.1 Penjelasan Arduino


Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prose- sor Atmel AVR dan softwarenya memilikibahasa pem- rograman sendiri. Arduino juga merupakan platform hardware terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktifberdasarkan hardware dan software yang flek- sibel dan mudah digunakan. Mikrokontrolerdiprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang me- miliki kemiripan syntax dengan bahasa  pemrograman
C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja da- pat mengunduh skema hardware arduino dan memba- ngunnya.  Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone arduino dengan menggunakan mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan arduino pada level hardware. Untuk fleksibilitas, program dimasukkan melalui boot- loadermeskipun ada opsi untuk membypass bootloa- der dan menggunakan downloader untukmemprogram mikrokontroler secara langsung melalui port ISP
Semuanya berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di institute Ivrea, Italia pa- da tahun 2005, dikembangkan oleh Massimo Banzi dan DavidCuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. La- lu diganti nama menjadi Arduino yang dalambahasa Italia berarti teman yang berani. Tujuan awal dibu- at Arduino adalah untukmembuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang ada saat itu. Dan per- angkattersebut ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi. Visi awalnya aja udah mulia kan.
Saat ini tim pengembangnya adalah Massimo Ba- nzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka mengu- payakan 4 hal dalamArduino ini, yaitu: Harga terjang- kau Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, Win- dows, Linux, Max, dan sebagainya. Sederhana, dengan bahasa pemograman yang mudah bisa dipelajari orang awam, bukan untuk orang teknik saja. Open Source, hardware maupun software. Sifat Arduino yang Open Source, membuat Arduino berkembang sangat cepat. Dan banyak lahir perangkat-perangkat sejenis Arduino.  Seperti DFRDuino atauFreeduino,dan kalau yang lokal ada namanya CipaDu- ino yang dibuat oleh SKIR70, terus adaMurmerDuino yang dibuat oleh Robot Unyil, ada lagi AViShaDui- no yang salah satupembuatnya adalah Admin Kelas Robot. Sampai saat ini pihak resmi, sudah membu- at berbagai jenis- jenis Arduino. Mulai dari yang pa- ling mudah dicari dan paling banyakdigunakan, yaitu Arduino Uno. Hingga Arduino yang sudah menggu- nakan ARM Cortex, beebentuk Mini PC. Dan sudah ada ratusan ribu Arduino yang digunakan di gunakan di dunia pada tahun 2011. Dan untuk hari ini, yang bisa kamu hitung sendiri ya. Dan Arduinojuga sudah banyak dipaka oleh perusahaan besar. Contohnya Go- ogle menggunakan Arduino untuk Accessory Develo- pment Kit, NASA memakai Arduino untuk prototypin, ada lagi Large Hadron Colider memakai Arduino dalam beberapa hal untuk pengumpulan data. Dan banyak yang bertanya juga Arduino ini menggunakan bahasa pemograman apa? Arduino sebenarnya menggunakan bahas C, yang sudah disederhanakan. Sehingga orangawam pun bisa menjadi seniman digital, bisa mempe- lajari Arduino dengan mudahnya.

           2.1.1           Jenis - Jenis Arduino

Dan seperti Microcontroller yang banyak jenisnya, Arduino lahir dan berkembang, kemudian muncul de- ngan berbagai jenis. Diantaranya adalah:
   Arduino Uno
Jenis yang ini adalah yang paling banyak digunakan.Terutama untuk pemula sangatdisarankan untuk meng- gunakan Arduino Uno.Dan banyak sekali referensi yang membahas Arduino Uno. Versi yang terakhir ada- lah Arduino Uno R3 (Revisi 3),menggunakan ATME- GA328 sebagai Microcontrollernya, memiliki 14 pin I/O digital dan 6 pininput analog. Untuk pemograman cu- kup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan pada USB printer.
   Arduino Due
Berbeda dengan saudaranya, Arduino Due tidak meng- gunakan ATMEGA, melainkan dengan chip yang le- bih tinggi ARM Cortex CPU. Memiliki 54 I/O pin digital dan 12 pininput analog. Untuk pemograman- nya menggunakan Micro USB, terdapat pada beberapa handphone.
   Arduino Mega
Mega Mirip dengan Arduino Uno, sama-sama menggu- nakan USB type A to B untukpemogramannya. Teta- pi Arduino Mega, menggunakan Chip yang lebih tinggi ATMEGA2560. Dan tentu saja untuk Pin I/O Digital dan pin input Analognya lebih banyakdari Uno.
   Arduino Leonardo
Bisa dibilang Leonardo adalah saudara kembar dari Uno. Dari mulai jumlah pin I/O digitaldan pin input Analognya sama. Hanya pada Leonardo menggunakan Micro USB untukpemogramannya.
   Arduino Fio
Bentuknya lebih unik, terutama untuk socketnya. Wa- lau jumlah pin I/O digital dan input analognya sama dengan uno dan leonardo, tapi Fio memiliki Socket XBee. XBee membuat Fio dapat dipakai untuk ke- perluan projek yang berhubungan dengan wireless.
   Arduino Lilypad
Bentuknya yang melingkar membuat Lilypad dapat di- pakai untuk membuat projek unik. Seperti membuat amor iron man misalkan. Hanya versi lamanya meng- gunakanATMEGA168, tapi masih cukup untuk mem- buat satu projek keren. Dengan 14 pin I/O digital,dan 6 pin input analognya.
   Arduino Nano
Sepertinya namanya, Nano yang berukulan kecil dan sangat sederhana ini, menyimpanbanyak fasilitas. Su- dah dilengkapi dengan FTDI untuk pemograman lewat Micro USB. 14Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog (lebih banyak dari Uno). Dan ada yang menggunakan ATMEGA168, atau ATMEGA328.
   Arduino Mini
Fasilitasnya sama dengan yang dimiliki Nano. Hanya tidak dilengkapi dengan Micro USB untuk pemogram- an. Dan ukurannya hanya 30 mm x 18 mm saja.
   Arduino Micro
Ukurannya lebih panjang dari Nano dan Mini. Karena memang fasilitasnya lebih banyak yaitu; memiliki 20 pin I/O digital dan 12 pin input analog.
   Arduino Ethernet
Ethernet Ini arduino yang sudah dilengkapi dengan fa- silitas ethernet. Membuat Arduinokamu dapat berhu- bungan melalui jaringan LAN pada komputer. Untuk fasilitas pada Pin I/ODigital dan Input Analognya sa- ma dengan Uno.
   Arduino Esplora
Rekomendasi bagi kamu yang mau membuat gadget sepeti Smartphone, karena sudah dilengkapi dengan Joystick, button, dan sebagainya. Kamu hanya perlu tambahkan LCD,untuk lebih mempercantik Esplora.
   Arduino Robot
Robot Ini adalah paket komplit dari Arduino yang su- dah berbentuk robot. Sudah dilengkapidengan LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan semua yang kamu butuhkan untuk robotsudah ada pada Arduino ini.

        2.2          Penjelasan Game Tetris

Tetris” adalah potongan permainan berbentuk se- perti tetromino, bentuk geometris terdiri dari empat blok persegi masing-masing. Urutan acak Tetriminos jatuh di lapangan (sebuah porosvertikal persegi pan- jang, yang disebut ”sumur” atau ”matriks”). Tujuan permainan ini adalah untuk memanipulasi  Tetriminos ini, dengan menggerakkan masing-masing ke samping (jika pemain merasakan kebutuhannya) dan memutar- nya dengan unit 90 derajat, dengan tujuan mencip- takan garis horizontal sepuluh unit tanpa celah. Bila garis seperti itu dibuat, lenyap, dansetiap blok di atas garis yang dihapus akan jatuh. Bila sejumlah baris telah dihapus, permainanakan memasuki level yang baru. Seiring permainan berlangsung, setiap tingkat menyebabkan Tetriminos jatuh lebih cepat, dan per- mainan berakhir saat tumpukan Tetriminos mencapai puncak lapangan dan tidak ada Tetriminos baru yang bisa masuk. Beberapa permainan juga berakhir sete- lah sejumlah level atau garis yang terbatas. Semua Tetriminos mampumembersihkan satu dan dua. I, J, dan L mampu membersihkan tiga kali lipat. Hanya sa- ya Tetrimino memiliki kapasitas untuk membersihkan empat baris secara bersamaan, dan ini disebut seba- gai ”tetris”. (Hal ini dapat bervariasi tergantung pada aturan rotasi dan kompensasidari setiap implementa- si Tetris yang spesifik. Misalnya, dalam Sistem Rota- si Super yang digunakan dalam implementasi terbaru, [10] situasi tertentu memungkinkan T, S, dan Z untuk ’snap’ ke tempat yang ketat. Dan tiga kali lipat.
Formula penilaian untuk sebagian besar produk Te- tris dibangun berdasarkan gagasanbahwa garis yang
lebih sulit dibersihkan harus diberi lebih banyak poin. Sebagai contoh, satu baris yang jelas di Tetris Zone bernilai 100 poin, membersihkan empat baris sekaligus (dikenal sebagai Tetris)bernilai 800, sementara Tetris back-to-back bernilai 1.200 masing-masing.  [12]
Hampir semua permainan Tetris memungkinkan pe- main menekan tombol untuk meningkatkan kecepatan potongan potongan saat ini, daripada menunggu sam- pai jatuh. Pemain juga bisa menghentikan potongan- potongan yang meningkat kecepatannya sebelumpo- tongannya mencapai lantai dengan melepaskan tom- bolnya, ini adalah ”soft drop”; Jika tidak, ini adalah ”tetesan keras” (beberapa permainan hanya memung- kinkan tetesan atau tetesan keras; yang lainnya me- miliki tombol terpisah). Banyak penghargaan game sejumlah poin berdasarkan ketinggian potongan yang jatuh sebelum mengunci.
Beberapa varian Tetris ada. Beberapa fitur atur- an dan potongan alternatif, beberapa fiturtopologi al- ternatif atau dimensi, dan lain-lain memiliki gameplay yang sama sekali berbeda.
Sebuah varian populer yang disebut ”The Grand Master” akhirnya menjadi pemain yang sangat cepat harus menggunakan setiap detiknya secara optimal, dan bahkan memiliki mode yang dijuluki ”Invisible Tetris”, dimana balok hanya ditampilkan saat jatuh - lalu ter- ungkap saat permainan sudah selesai.
Karena popularitas dan kode yang relatif sederhana yang dibutuhkan untuk menghasilkan game, permain- an dengan aturan yang hampir sama seperti Tetris sering digunakan sebagai proyek hello world untuk pem- rogram coding untuk sistem atau bahasa pemrograman baru. Halini mengakibatkan tersedianya sejumlah be- sar port untuk platform yang berbeda. Misalnya, Tor- rent dan GNU Emacs berisi permainan susun bentuk serupa seperti telur Paskah.

        2.3   Object dari Game Tetris

Object utama dari game ini adalah balok sesuai de- ngan nama game tersebut. Lalu terdapat tombol pe- ngarah untuk mengarahkan balok ke bagian yang di inginkan.


Gambar 2.1 Lampu Balok

 
Gambar 2.2 Tombol Contoler

 
Gambar 2.3 Mesin Tetris

          2.4            Level pada game


Di awal permainan kamu akan mendapatkan se- rangkaian tutorial yang akan membantumu untuk me- mulai permainan. Ya sebenarnya kamu tidak mem- butuhkan tutorial tersebut karena game ini memang sangat mudah untuk dimainkan.Setelah melewati be- berap tutorial barulah kamu bermain game sebenar- nya. Darilevel 1 sampai level 4 memang masih cukup mudah untuk dilalui, tetapi setelah level 4keatas ka- mu akan merasakan gimana sulitnya menemukan balok dengan bentukyang dituju. Puluhan balok akan ber- jatuhan dari atas ke bawah, tugas kita adalahmencari bentuk yang dituju di dalam puluhan balok yang ber- jatuhan tersebut. Jika balok yang dituju sudah jatuh dan melewati layar.
smartphone kita maka permainan pun berakhir. Da- lam game ini juga terdapat fitur di mana kamu  bisa mengatur untuk memulai game dengan level 1  5. Ja- di kamu tidak perlu report-repot lagi harus mengulang dari level satu setelah kalah. Selain itukamu juga bisa mengatur framrate dari game yang kamu mainkan, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan gadget yang kamu mi- liki. Hanya ada 1 mode di dalam game ini, namun di dalam mode endless ini terdapat 10 level yang bisa ka- mu capai. Setiap level mempunya tingkat kesulitannya masin-masing, dan yang tersulit adalah level 10. Bahk- an saya belum pernah mencapai level 10 setelah satu jam bermain. Selain banyak blok yang akan membu- atmu pusing, di setiap level, kecepatan dari jatuhnya blok akanbertambah, jadi mau tidak mau kamu harus berfikir cepat dalam menemukan balok yang  dituju.

 Gambar 2.4 Game tetris menggunakan alat


 2.5       Gameplay Tetris

Langkah 1 Daftar Bahan Sebuah maminboard Ardu- ino, keyboard analog, layar LCD
*  1xFreaduino Uno;
*  1xADkey;* 1xTFT01-1.8;
                Prinsip Kerja: Level game:Mudah, Normal. Sulit


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja manusia.Teknologi komputer telah diterapkan diber- bagai macam bidang meliputi pendidikan,kesehatan,perkantoran, telekomunikasi, bisnis, dan sebagainya, begitu juga dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah Game, gamesangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan. teknologi komputer. Game sangatbanyak diminati baik dari ka- langan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Na- munpada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu buku yang mengangkat game yang taklekang oleh wak- tu yaitu game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancanggame, kita dapat mempelajari su- atu media yang salah satunya adalah Arduino. Ardui- no adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiringplatform, diran- cang untuk memudahkan penggunaan elektronik da- lam berbagaibidang.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam pembuatan game tetris menggunakan ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi pada:
1.    Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2.    Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba- gi pembuatgame.

1.3 Tujuan
Tujuan dalam penulisan ini bermaksud untuk mem- buat game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis Arduino” dan juga diharapk- an agar buku ini menjadireferensi dalam membuat ga- me dengan arduino.

1.4 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang diterapkan penulis un- tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akanmemperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat babdiantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoal- an yang terdiri dari Latar BelakangMasalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME  DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign, Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas game te- tris dengan menggunakan arduino,Struktur Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta  Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.

Sunday, November 13, 2016

Software Pembuatan Animasi Keluarga Somat dan Perbandingannya


   Setelah saya sebulan mancari cari akhirnya saya menemukan , Pembuatan animasi keluarga somat menggunakan aplikasi blender. Tapi sebelum memulai saya akan menjelaskan apa sih sebenarnya blender itu , apakah  blender yang sering dipakai ibu kita didapur untuk membuat jus. Saya akan menjelaskanya sesuai kemampuan saya.

Blender
Blender adalah sebuah aplikasi untuk membuat karya 3 dimensi di blender kita bisa membuat objek 3D , Membuat animasi 3D dan juga bahakan diblender kita juga bisa membuat game. Fitur Fitur yang ada diblender cukup lengkap jadi kita tidak akan  kesulitan membuat karya 3D yang akan kita buat. Selain itu blender bersifat open source jadi kita bisa memakai nya secara gratis tanpa harus khawatir tentang yang namanya pembajakan kita cukup mengunduh nya secara gratis di situs resmi blender yaitu https://www.blender.org/ .
 Akhir akhir ini saya juga mendapatka tugas dari praktikum LAB TI yaitu menggunakan blender jadi saya cukup mengetahui tentang blender. Fitur fitur di blender cukup mudah dan juga untuk control camera untuk membuat objek 3D cukup luwes. Jadi blender merupakan pilihan yang tepat untuk belajar membuat animasi 3D untuk para pemula selain mudah blender juga gratis digunakan oleh siapa saja. Inilah tampilan awal aplikasi blender yang ada dilaptop saya.
Oke setelah sedikit saya menjelaskan tentang blender saya akan menjelaskan cara pembuatan animasi keluarga somat dengan menggunakan blender. Karena di internet saya tidak menemukan gambar langkah langkah membuatnya saya akan menjelaskan setau saya dalam membuat animasi keluarga somat dengan bekal praktikum LAB TI yang kemarin saya jalani.
Tahap Tahap Dalam Pembuatan Animasi Keluarga Somat
1.Modelling 
Modelling adalah langka awal dalam pembuatan suatu animasi karena jika tidak ada modeling maka tidak ada objek atau sesuatu yang akan kita gerakkan dalam suatu animasi. Seperti contoh di keluarga somat pertama tama kita harus membuat tokoh tokoh dan juga background dalam pembuatan animasinya .karena modeling hal paling dasar dan harus ada dalm pembuatan animasi

2.Texturing
Texturing adalah penambahan texture kedalam model yang akan kita buat tekstur tersebut seperti memberi warna kedalam model model yang akan kita animasikan nah jika dilihat dari review kemarin keluarga si somat kurang bagus ditahapan ini karena pewarnaan dalam setiap objek nya kurang bagus dan terasa masih terlihat halus , harusnya di texturing ini mereka harus memperbagus pewarnaan supaya animasi keluarga si somat bagus dilihatnya.

3.Rigging
Rigging adalah penembahan kerangka kedalam objek yang akan kita buat yang berguna untuk kita bisa menggerakkan objek yang kita buat untuk animasi.nah dirigging ini semakin detail kerangkanya dan maka pergerakkan karakter maka akan semakin halus.

4.Animasi
Setelah melakukan ke 3 langkah diatas saatnya membuat animasi . didalam animasi ada yang namanya frame frame. Frame adalah tempat di buatnya suatu animasi untuk animasi standar dalam 24 frame hanyak menghasilkan 1 detik animasi jadi kebayangkan film animasi yang kita tonton terbuat dari puluhan ribu frame dan bahkan jutaan frame untuk suatu animasi movie.

Setelah itu saya akan mebandingkan software pembuatan animasi 3D untuk perbandingan dalam membuat animasi.
Ada 3 buah software yang terkenal dan paling sering dipakai dalam membuat suatu animasi 3D yaitu Blender, 3D MAX dan juga AutoCAD. Di ke 3 software ini memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing masing. Yaitu bisa dilihat dibawah ini.

1.Blender 3D


Kelebihan Blender 3D

·                     Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
·                     Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
·                     Tidak berat saat melakukan render
·                     Dan mudah untuk digunakan
Kelemahan Blender 3D
·                     Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
·                     Tampilan cukup berantakan
·                     Semua proses dilakukan dengan manual

2.Autodesk 3D Max


Kelebihan Autodesk 3D Max
·                     Hasil yang dihasilkan dengan 3D Max lebih bagus dari pada aplikasi lainnya
·                     Dapat menambahkan fitur efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, kabut dll
·                     Dapat menjalankan proses animasi sesuai dengan keinginan pengguna
·                     Tools yang dimiliki banyak dan support oleh banyak program lainnya
Kekurangan Autodesk 3D Max
·                     Untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan
·                     Kamera yang terdapat di 3D Max sulit untuk di atur

3.Autodesk AutoCad


Kelebihan Autodesk AutoCad
·                     Gambar yang dihasilkan dengan AutoCad mempunyai kualitas yang lebih bagus dan lebih rapi
·                     Bidang gambar yang terdapat pada AutoCad tidak terbatas sehingga memungkinkan membuat desain yang ukurannya luas dan kompleks.
·                     Hasil penyimpanan file gambar pada AutoCad dapat dibuka dengan software lain

Kekurangan Autodesk AutoCad
·                     PC yag dimiliki harus mempunyai spesifikasi yang besar
·                     Software berbayar
·                     Strukur file hasil penggambaran, definisi database dari software tersebut sangatlah rumit
·                     Untuk menggunakan software yang satu ini tidak mudah dan butuh pelatihan untuk mempelajarinya

Untuk membuat animasi keluarga somat saya lebih prefer untuk menggunakan software 3D max karena fitur fitur yang ada disana lebih lengkap dibandingkan dengan ke 2 software lawannya dan juga hasil yang di buat menggunakan 3D Max lebih bagus dari yang lainnya akan tetapi untuk membuat animasi menggunakan 3D Max dibutuhkan tenaga ahli yang mumpuni di bidang grafis 3D untuk membuat animasi 3D lebih maksimal.
Terima Kasih sudah membaca hingga akhir , sampai ketemu di next post bye bye .


source kelebihan dan kekurangan software animasi 3D:
http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html